Pendampingan Belajar Siswa di Kelas dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Powerpoint dan Video Pembelajaran
Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan pemahaman siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan memanfaatkan media pembelajaran PowerPoint dan video pembelajaran di MTsN Gowa. Metode yang digunakan adalah pendampingan belajar dengan fokus pada persiapan dan pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), menggunakan media pembelajaran inovatif seperti media PowerPoint dan video pembelajaran. Hasil pendampingan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti PowerPoint dan video pembelajaran, berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan mendukung keberhasilan belajar siswa. Meskipun menghadapi kendala perbedaan kurikulum dan kesulitan pemahaman siswa, langkah-langkah inovatif tersebut berhasil meningkatkan pemahaman siswa dari blok ke blok, dengan hasil memuaskan pada blok terakhir. Evaluasi dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pendampingan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan video pembelajaran berhasil mengatasi kendala-kendala yang muncul, dan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pendampingaan ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan strategi pengajaran yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan modern.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ainularifin, N., & Mahmudah, I. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 107–119.
Dewanti, N. A., Sujatmiko, P., & Pramesti, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Faktor Intelektual Siswa Pada Kelas Viii B Smp N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 26–35. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2492
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2018). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Buku Saku Melalui Media Permainan Monopoli untuk Menanamkan Minat Belajar Siswa dalam Berhitung di SDN 020 RW 02 Kelurahan Sei Lankai. Minda Baharu, 2, 49–58.
Haris, I., & Nurjannah. (2022). Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2), 33–37. https://doi.org/10.59025/js.v1i2.7
Hidayah, S., Sumarwiyah, A., Abdurrohim, H., Hasanah, F. W., & Hasan, Z. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Game Android. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 812–818. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4759
Hidayati, A., Azizah, N., Maimuna, M., Ulumuddin, D. I., & Aisyah, U. N. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Game Counting Bunny untuk Peserta Bimbel di Rumah Belajar Matematika. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 93–99. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2815
Hidayatullah, A., Latif, A., & Herawati, D. (2020). Pendampingan Pembelajaran Matematika dengan Media Doratic Terhadap Siswa Penyandang Dissabilitas Tuna Grahita. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47.
Indah, N., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.981
Muhammad, I., & Fonna, M. (2023). Pendampingan Belajar Pecahan Sederhana Melalui Media Puzzle Pecahan Di Rumah Baca Hasan-Savvas Kota Lhokseumawe. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(2), 169–178.
Nur, F., Amin, B., Fatmah, N., D, A., & Nursalam. (2024). Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Matriks. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9–19.
Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Mattoliang, L. A., & Sriyanti, A. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778
Nurafifah, L., Wati, M., & Ismunandar, D. (2024). Pendampingan Belajar Matematika Pada Materi FPB dan KPK Dengan Mengimplementasikan Permainan Congklak dan Media Sempoa Di MI PUI Tulungagung. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 111–129. https://doi.org/10.31943/abdi.v6i1.159
Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., & Rusdianto, H. (2019). Pendampingan Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbasis Mainan Anak Tradisional Welahan Jepara. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 128–131. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.738
Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru SD Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247.
Putra, E. D., Sullystiawati, L. H., & Sari, Y. I. (2023). Pendampingan Inovasi Pembelajaran Matematika SMP Melalui Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 119–128. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1034
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Rahmawanti, K., Sundari, S., Sutama, S., Ishartono, N., Waluyo, M., Sunaryo, I., & Cahyo, A. N. (2021). Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 135–143. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15697
Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48479
Sabar, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., Suharti, & Amin, B. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/asma.v5i1.37652
Suhaeni, Irwan, A., & Amin, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-2 MAN Kajuara Melalui Model Pembelajaran Example Non Example. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(1), 13–21.
Syamsuddin, S., Tayeb, T., Rasyid, M. R., Abrar, A. I. P., & Amin, B. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(2), 84–94. https://doi.org/10.24252/asma.v4i2.30638
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).