Pendampingan Belajar Siswa di Kelas dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Powerpoint dan Video Pembelajaran

  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0131-0994
  • Anugra Sukkuru Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendampingan belajar, PkM

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan pemahaman siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan memanfaatkan media pembelajaran PowerPoint dan video pembelajaran di MTsN Gowa. Metode yang digunakan adalah pendampingan belajar dengan fokus pada persiapan dan pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), menggunakan media pembelajaran inovatif seperti media PowerPoint dan video pembelajaran. Hasil pendampingan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti PowerPoint dan video pembelajaran, berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan mendukung keberhasilan belajar siswa. Meskipun menghadapi kendala perbedaan kurikulum dan kesulitan pemahaman siswa, langkah-langkah inovatif tersebut berhasil meningkatkan pemahaman siswa dari blok ke blok, dengan hasil memuaskan pada blok terakhir. Evaluasi dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pendampingan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan video pembelajaran berhasil mengatasi kendala-kendala yang muncul, dan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pendampingaan ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan strategi pengajaran yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan modern.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WyLoglwAAAAJ&hl=id

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6054313&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.

EDUCATION BACKGROUND

  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2013 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang

Referensi

Ainularifin, N., & Mahmudah, I. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 107–119.

Dewanti, N. A., Sujatmiko, P., & Pramesti, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Faktor Intelektual Siswa Pada Kelas Viii B Smp N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 26–35. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2492

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2018). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Buku Saku Melalui Media Permainan Monopoli untuk Menanamkan Minat Belajar Siswa dalam Berhitung di SDN 020 RW 02 Kelurahan Sei Lankai. Minda Baharu, 2, 49–58.

Haris, I., & Nurjannah. (2022). Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2), 33–37. https://doi.org/10.59025/js.v1i2.7

Hidayah, S., Sumarwiyah, A., Abdurrohim, H., Hasanah, F. W., & Hasan, Z. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Game Android. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 812–818. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4759

Hidayati, A., Azizah, N., Maimuna, M., Ulumuddin, D. I., & Aisyah, U. N. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Game Counting Bunny untuk Peserta Bimbel di Rumah Belajar Matematika. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 93–99. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2815

Hidayatullah, A., Latif, A., & Herawati, D. (2020). Pendampingan Pembelajaran Matematika dengan Media Doratic Terhadap Siswa Penyandang Dissabilitas Tuna Grahita. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47.

Indah, N., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.981

Muhammad, I., & Fonna, M. (2023). Pendampingan Belajar Pecahan Sederhana Melalui Media Puzzle Pecahan Di Rumah Baca Hasan-Savvas Kota Lhokseumawe. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(2), 169–178.

Nur, F., Amin, B., Fatmah, N., D, A., & Nursalam. (2024). Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Matriks. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9–19.

Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Mattoliang, L. A., & Sriyanti, A. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778

Nurafifah, L., Wati, M., & Ismunandar, D. (2024). Pendampingan Belajar Matematika Pada Materi FPB dan KPK Dengan Mengimplementasikan Permainan Congklak dan Media Sempoa Di MI PUI Tulungagung. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 111–129. https://doi.org/10.31943/abdi.v6i1.159

Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., & Rusdianto, H. (2019). Pendampingan Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbasis Mainan Anak Tradisional Welahan Jepara. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 128–131. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.738

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru SD Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247.

Putra, E. D., Sullystiawati, L. H., & Sari, Y. I. (2023). Pendampingan Inovasi Pembelajaran Matematika SMP Melalui Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 119–128. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1034

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Rahmawanti, K., Sundari, S., Sutama, S., Ishartono, N., Waluyo, M., Sunaryo, I., & Cahyo, A. N. (2021). Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 135–143. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15697

Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48479

Sabar, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., Suharti, & Amin, B. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/asma.v5i1.37652

Suhaeni, Irwan, A., & Amin, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-2 MAN Kajuara Melalui Model Pembelajaran Example Non Example. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(1), 13–21.

Syamsuddin, S., Tayeb, T., Rasyid, M. R., Abrar, A. I. P., & Amin, B. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(2), 84–94. https://doi.org/10.24252/asma.v4i2.30638

Diterbitkan
2024-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 60 times