Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung)

  • Windi Rahayu Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran
    (ID)
  • Yunus Winoto Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran
    (ID)
  • Asep Saeful Rahman Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran
    (ID)

Abstract

The study is aimed to know students reading habits in the government primary school 2 Pinggirsari located in Pinggirsari village, District of Bandung. It is a descriptive survey research. The population of the study were students who now in 3rd-6th grades. Sampling was used by using census method. The questionaires, interview, observation, and library research were used to gather data. Based on the research findings, it is found that the students were happy once they found books in the library school; the students usually read book three times a week and spent more than 15 minutes to read; in a week, they read three books and magazines 1-5 titles; most of the collections were found from their school library; frequently, they visit library/reading area in around two times a week.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzim, M. F. (2000). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan.

Bafadal, I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Baderi, A. (2005). Wacana Ke Arah Pembentukan Sebuah Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca. Pidato Pengukuhan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional Ri.

Badudu, Z. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Fa. Wiranto. (2008). Perpustakaan dalam dinamika pendidikan dan masyarakat. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.

Jiyono. (1994). Hasil-hasil penelitian mengenai minat dan kebiasaan baca . Jakarta: Perpusnas RI

Hikmat, A. (2014) . Kreativitas, Kebiasaan Membaca, dan Kemampuan Apresiasi Cerpen. Jakarta: Uhamka Press.

Kaplan, R. M., dan Saccuzzo, D. P. (2012). Pengukuran Psikologi: Prinsip, Penerapan, dan Isu. Jakarta: Salemba Humanika.

Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mudjito. (1994). Upaya Pembinaan Minat Baca melalui Perpustakaan. Jakarta : Perpusnas RI.

Nasution, S. (2003) . Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, B., Gunawan, dan Marzuki. (2000). Statistika Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sedyowati, E. (1994). Promosi Gemar Membaca .Jakarta: Menneg Koordinator. Bidang Politik dan Keamanan RI

Shahab, A. (2003). Apresiasi Masyarakat Terhadap Perpustakaan. Jakarta : Centra Focus.

Singarimbun dan Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutarno. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Buku Obor.

---------------. (2004). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Samitra Media Utama.

Tampubolon, H.D. (2008). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Komariah, Neneng, Sukaesih, dan Sumiati, T. (2009). Persepsi Pengguna Terhadap Layanan “Gelar Buku Baca Santai”. Universitas Padjadjaran: Laporan Penelitian

Published
2016-12-28
How to Cite
Rahayu, W., Winoto, Y., & Rahman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152-162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25
Section
Articles
Abstract viewed = 4325 times