Strategi Perpustakaan Terhadap Peningkatan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar
Abstract
Penelitian ini fokus pada strategi perpustakaan terhadap peningkatan minat kunjung pemustaka di perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung pemustaka di perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi perpustakaan terhadap peningkatan minat kunjung pemustaka di perpustakaan Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar dari segi aspek pelayanan pemustaka serta dari aspek sarana dan prasarana. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan analisis data kualitatif purposive yakni data yang diperoleh dari sumber data (informan) dapat digambarkan secara deskriktif hingga data tersebut sampai ke titik jenuh. Model analisis kualitatif lebih mengutamakan pada content analisis yang tertuju pada pendalaman dan penghayatan terhadap makna data-data yang dikaji, dengan pendalaman pemikiran terhadap data-data tersebut memungkinkan hasil penelitian yang dicapai memadai. Strategi Perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung pemustaka dari aspek pelayanan ialah dititikberatkan pada kehandalan, daya tanggap, jaminan mutu pelayanan, dan rasa empati terhadap pemustaka. sedangkan dari aspek sarana dan prasarana ialah Penempatan gedung perpustakaan yang strategis dan mudah dijangkau oleh pemustaka, Penataan rak (rak buku, meja, kursi baca) strategis dan teratur, Menyediakan koleksi (koleksi buku umum, referensi, jurnal) lengkap sesuai kebutuhan pemustaka, Menyediakan fasilitas (rak buku, rak majalah, kabinet gambar, lemari atau kabinet catalog, papan pengumuman, meja baca, kusi, papan display, OPAC) lengkap dan memadai, Menyediakan jaringan internet yang mendukung pemustaka untuk mengakses informasi.
ABSTRACT
The study is aimed to measure how UIN Alauddin library increased the number of library visits particularly in terms of library services and library facilities and infrastructures. This is a descriptive research that uses purposive analysis approach in order to elaborately explain the findings. The data were gathered from all librarians in UIN library. In addition, some supported reports are gathered as well. From library services aspect, the study focuses on reliability, responsiveness, service quality, and empathy. Meanwhile, from facilities and infrastructures, the study figured out the location of the library within the campus, library shelves, library information spots, reading areas, library catalogs, and so on.
Downloads
References
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bulan Bintang.
Arikunto, S. (2000). Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Bafadal, I. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Burhan, B. (1997). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta : Gramedia.
Dahlan, W. (2006).Kemasan Perpustakaan Yang Menjual. Jakarta:Gramedia.
Darmono. (2001). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Faozan, A. (2001). Total Quality Manajemen. Jakarta: Gramedia.
Frank, Jefkins, (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, A. (2014). Pengantar Perpustakaan dan Kearsipan. Jakarta : Gunadarma Ilmu.
Kasmir. (2005). Etika Costumer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lasa HS. (1995)). Jenis-jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kansius.
Malayu, H. S.P. (2008). Manajemen; Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Mardalis, (1993). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta:Bumi Aksara.
Margono. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Marmoatmojo, K. (1999). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Milburga, L. et at. (1991). Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Moenir, H.A.S. (1995). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwadarminta. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu perpustakaan, Fakultas Adab.
Ratminto dan Winarsih. (2007). Pengelolaah Perpustakaan. Jakarta: Graha Ilmu.
Republik Indonesia. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Saifuddin, A. (2001). Relibialitas dan Validitas. Yogyakarta: pustaka belajar.
Soetminah. (1995). Perpustakaan Kepustakawanan dan pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.
Sudarsana, U dan Bastiano. (2010). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, N. (2002). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu perpustakaan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sulistyo-Basuki. (1992). Pengantar Ilmu perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sutarno NS. (1995). Pemahaman Individu II. Surakarta: UNS.
Sutarno NS. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.
Sutarno NS. (2008). Kamus Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Erlangga.
Sutarno NS.(2006). Manajemen Perpustakaan : Suatu Pendekatan Praktis, Cet.II, Jakarta : Sagung Seto.
Suwarno, W. (2009). Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.
Tjiptono dan Diana. 2003.Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (1997). Manajemen Jasa. Yogyakarta:
Trimo, Soejono. (1985). Pedoman Pelayanan Perpustakaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, H. (2009). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara.
Vincent, G. (2006). Toyal Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yousda, A. (1993). Penilaian dan Statistik Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License