Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

  • Risma Niswaty Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Muhammad Darwis Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Dian Andriani M
    (ID)
  • Muh. Nasrullah Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Rudi Salam Universitas Negeri Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Fasilitas Perpustakaan dalam menignkatkan Minat Baca Siswa di SMK Negeri 4 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap varibel Y. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 peserta didik, dengan sampel sebesar 41 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakana statistik deskriptif serta teknik analisis statistik infrensial Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas perpustakaan di SMK Negeri 4 Makassar dan Minat baca siswa di SMK Negeri 4 Makassar, berada dalam kategori baik. Hal ini dapat ditinjau dari hasil Analisis Regresi Linear sebesar 23,6 %. Dalam mendukung minat baca siswa maka dibutuhkan fasilitas perpustakaan seperti peran guru, pustakawan, fasilitas internet, penyediaan ebook, ejournal dan fasilitas lainnya.

ABSTRACT

This study aims to determine the analysis of library facilities in improving student reading interest in SMK Negeri 4. This research is a quantitative study that shows the effect of variable X on Y variables. The population were 206 students, with a sample of 41 students. The data were gathered through questionnaire techniques, documentation, observation and interviews. The descriptive statistics and infrential statistical analysis techniques, and simple linear regression analysis were used to analyze the data. The study indicated that the SMK Negeri 4 Makassar’s library facilites and the reading interest of SMK Negeri 4 Makassar students were in good category. It was reviewed from the results of Linear Regression Analysis of 23.6%. In supporting students' reading interest, library facilities such as the role of teachers, librarians, internet facilities, the provision of ebooks, ejournal and other facilities are needed.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiywono, E. (2015). Manfaat Penataan Ruang Di Perpustakaan Al Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 127–140.

Fatchurrohman, R. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produktif. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2).

Gewati, M. (2016). Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia. Kompas. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

Husain, S. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 2 Bulukumba. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Leorke, D., Wyatt, D., & McQuire, S. (2018). “More than just a library”: Public libraries in the ‘smart city.’ City, Culture and Society, 15, 37–44. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ccs.2018.05.002

Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S. (2016). Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan Berkelanjutan Pustakawan PTAIN: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1–14.

Micle, M. (2014). Stereotypes Regarding Libraries and Librarians: An Approach of Romanian School and Academic Libraries. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 163, 92–98. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.291

Muthanna, A., & Sang, G. (2019). State of University Library: Challenges and Solutions for Yemen. The Journal of Academic Librarianship, 45(2), 119–125. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.01.010

Rizal, A. (2017). Sistem Informasi Perpustakaan Repository pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Berbasis Web. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Salam, R., Zunaira, Z., & Niswaty, R. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Membuat Dokumen melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (Mencari Pasangan). Jurnal Office, 2(2), 173–180.

Sutarno, N. S., & Zen, H. Z. (2006). Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Sagung Seto.

Yoon, H.-Y. (2016). User Acceptance of Mobile Library Applications in Academic Libraries: An Application of the Technology Acceptance Model. The Journal of Academic Librarianship, 42(6), 687–693. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.08.003

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Yusup, P. M., Khadijah, U. L. S., Kurniasih, N., & Kuswarno, E. (2017). Desa Tani, Penduduk Miskin, Lumbung Padi, dan Layanan Implementatif Perpustakaan Desa di Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(2), 191–204.

Published
2020-06-12
How to Cite
Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 71-78. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7
Section
Articles
Abstract viewed = 2191 times