Kajian Evaluatif atas Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi

  • Arimurti Kriswibowo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
    (ID)
  • Ananta Prathama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
    (ID)

Abstract

Perpustakaan Perguruan Tinggi berperan penting dalam pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Perpustakaan melaksanakan peran pendukung pendidikan, penelitian sampai dengan pengabdian masyarakat. UPN “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) di Indonesia sejak 2014 perlu membenahi diri agar dapat semakin memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi baik bagi internal institusi, maupun masyarakat di luar institusi. Demikian juga dengan Unit Perpustakaan UPNVJT sebagai salah satu unsur penting dalam perguruan tinggi juga perlu ikut serta dievaluasi agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Melalui Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia No.13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi (SNP-PT) telah diatur bagaimana perpustakaan di perguruan tinggi harus dijalankan. Penelitian ini adalah penelitian yang pertama kali dilakukan di UPNVJT untuk mengukur capaian SNP-PT. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat menemukan capaian dari SNP-PT pada tahun 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode campuran kualitatif-kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi serta pengukuran indicator-indikator obyek penelitian. Analisis data menggunakan model tabulasi dan model analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan UPNVJT telah berupaya menerapkan SNP-PT. Implementasi dari SNP-PT tahun 2018 telah mencapai 76,6%. Faktor Standar Pengelolaan Perpustakaan dalam SNP-PT telah diimplementasikan dengan sangat baik oleh Perpustakaan UPNVJT. Namun demikian perlu dilakukan peningkatan khususnya pada bagian Standar Pelayanan mendapat capaian terendah terutama dengan menambah jam pelayanan pustakawan. Perpustakaan UPNVJT harus mengembangkan kualitas pelayanan agar tercapai pelayanan prima pada sector publik.

ABSTRACT

College libraries play an important role in the Tri Dharma of Higher Education action. General education, education up to community service. UPN "Veteran" Jawa Timur (UPNVJT) as one of the New State Universities (PTNB) in Indonesia since 2014 needs to improve itself to be higher. Likewise, the UPNVJT Library Unit is one of the universities that also needs to be followed and produced in order to provide better service. Through the Regulation of the Head of the National Agency of the Republic of Indonesia 13 of 2017 concerning National Standards for College Libraries (SNP-PT) has determined how higher education must be carried out. This research is the first research conducted at UPNVJT to measure the achievement of SNP-PT. The purpose of this study is to find the achievement of SNP-PT in 2018. The research approach used is mixed method qualitative-quantitative descriptive with data retrieval methods using interview techniques, observations and indicators measurements on the object of research. This study uses tabulation and interactive data analysis models. The results of this study indicate that the UPNVJT Library already has SNP-PT regulations. Implementation of SNP-PT in 2018 has reached 76.6%. SNP-PT management has been well implemented by the UPNVJT Library. However, it is necessary to make special improvements to the Standard Service section to benefit by adding librarian service hours. UPNVJT library need to improve their quality of service to have public service excellence.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arimurti Kriswibowo, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP
Ananta Prathama, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP

References

Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV.Yrama Widya.

Dwiyanto, A. (2010). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: UGM Press.

Ganggi, R. I. (2015). Dualisme Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi, Studi Kasus Implementasi Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi di Perpustakaan Universitas di Yogyakarta. Naskah tidak dipublikasi. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khoiron. (2017). Pelayanan Publik dan Keadilan Sosial. Publisia, Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 8–14.

Kushandajanti. (2012). SPM dan Peningkatan Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah. Semarang: eprints.undip.ac.id. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/909/1/Artikel_Kushandayani.pdf

Lasa. (2013). Standardisasi perpustakaan perguruan tinggi. Surakarta.

Laugu, N. (2006). Penerapan Konsep-Konsep Manajemen dalam Sistem Organisasi Perpustakaan. FIHRIS, 1(1), 93–115.

Madina, U. E., & Sahuri, C. (2014). Implementasi Standar Pelayanan Minimum. Jurnal Administrasi Pembangunan, 2(3), 323-328.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiasa, I. K. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan UNM, 1(1), 1-14.

Wursanto, I. (1985). Dasar Dasar Manajemen Personalia. Jakarta: Pustaka Dian.

Yang, K., & Miller, G. J. (2008). Handbook of Research Method in Public Administration. New York: Taylor & Francis Group.

Yang, K., Zhang, Y., & Holzer, M. (2008). Dealing with Multiple Paradigms in Public Administration Research. In K. Yang & G. J. Miller (Eds.), Handbook of Research Methods in Public Administration (2nd ed., pp. 25–44). New York: Taylor & Francis Group.

Published
2019-04-19
How to Cite
Kriswibowo, A., & Prathama, A. (2019). Kajian Evaluatif atas Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1), 65-74. https://doi.org/10.24252/kah.v7i1a6
Section
Articles
Abstract viewed = 1023 times