Komunikasi Efektif pada Bahasa Tubuh Pustakawan

Abstract

Pentingnya komunikasi dalam perpustakaan antara pustakawan dan pemustaka mengharuskan pustakawan menguasai elemen-elemen komunikasi, yang salah satunya adalah komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal menjadi salah satu indikator untuk mengukur penerimaan dalam proses komunikasi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana penerimaan pemustaka dalam proses komunikasi dengan pustakawan STIKes Guna Bangsa Yogyakarta melalui bahasa tubuh yang diperlihatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Yang menjadi populasi adalah seluruh pemustaka perpustakaan STIKes Guna Bangsa Yogyakarta, sedangkan penentuan sampel menggunakan teknik purposif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden, yang diambil 30 responden dari masing-masing prodi (Ilmu Kebidanan, Ilmu Keperawatan dan Analis Kesehatan). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner dengan indikator: intonasi suara, ekspresi wajah, kontak mata, gerakan mendekat, gerakan menyentuh, dan penampilan yang berjumlah 14 butir pernyataan. Analisis data menggunakan rumus mean dan grand mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap indikator mendapatkan nilai: intonasi suara 3.43 (sangat baik), ekspresi wajah 3.41 (sangat baik), kontak mata 3.13 (baik), gerakan mendekat 3.20 (baik), gerakan menyentuh 2.83 (baik), penampilan 3.12 (baik). Dari rincian tersebut diketahui bahwa penilaian pemustaka terhadap bahasa tubuh pustakawan sebagai isyarat penerimaan dalam proses komunikasi efektif di perpustakaan STIKes Guna Bangsa Yogyakarta masuk dalam katagori baik. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan grand mean dengan skor 3.19 (baik)

ABSTRACT

The importance of the communication between the librarians and the users requires the librarians master in communication techniques, one of them is nonverbal communication. It can be used to measure the effectiveness of communication. This research purposes to evaluate the acceptance of the users with the librarian’s communication style by observe the librarian’s body language. This is a quantitative descriptive research. The respondents are users of STIKes Guna Bangsa Library which is the high school on health wih 3 study program (Nurse, Midwifery, Health Analysis). The respondents consist of 30 students from each study programs, and total of them are 90 respondents. To collect the data, the researcher uses questionnaire with the indicators are: voice intonation, face expression, eye contact, drew near, touch, and performance which is consist of 14 statements. To analyze the data, the researcher use mean and grand mean formula. The result of the research show that voice intonation got 3.43 (excellent), face expression got 3.41 (excellent), eye contact got 3.13 (good), drew near got 3.20 (good), touch got 2.83 (good), and performance got 3.12 (good). From that fact could be conclude that the acceptance of the users with the librarian’s communication style by observe the librarian’s body language was good, proofed by score of grand mean, 3.19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Thoriq Tri Prabowo, Dosen Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Dosen Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Al-Fashli, S. H. (2010). "Iklim Komunikasi Organisasi di Perpustakaan Universitas Indonesia". dalam Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Budaya UI.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Katrini, Y. E. (2013). “Keterampilan Berbicara dan Kekuatan Bahasa dalam Pengajaran di Perguruan Tinggi” Jurnal FKIP Universitas Tidar Magelang, 39(2).

Mediana, E. (2008). “Komunikasi Efektif”, dalam Makalah, Pusat Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.

Mulyana, D. (2008). Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintasbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniaty. (2006). Membangun Image Pustakawan Melalui Keterampilan Berkomunikasi. Medan: Perpustakaan dan Sistem Informasi USU.

Murniaty. (2006). Proses Komunikasi di Perpustakaan. Medan: Perpustakaan dan Sistem Informasi USU.

Nasution, E. S. (2009). “Komunikasi Verbal - Nonverbal Fatis dan Komunikasi Efektif: Studi Korelasi tentang Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal yang bersifat Fatis dalam Penciptaan Komunikasi Efektif antara Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU”. Skripsi. Medan: FISIP Universitas Sumatera Utara.

Nierenberg, G. I. dan Calero, H. H. (2009). Membaca Pikiran Orang Seperti Membaca Buku. Yogyakarta: Think.

Ozben, S. (2013). “Social Skills, Life Satisfaction, and Loneliness in Turkish University Students”. Society for Personality Research, 4(2).

Purwono. (2013). Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Qalyubi, S., dkk. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

Rashid, T. (2010) "Development of Social Skills among Children at Elementary Level". Bulletin of Education and Research. June 2010, 32(1).

Rahardiansah, T. (2011). Perilaku Manusia dalam Perspektif Struktural, Sosial dan Kultural. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Saputri, D. M. (2012). “Hubungan Komunikasi Efektif Pustakawan dan Kepuasan Pemustaka di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta”. dalam Skipsi. Yogyakarta: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulisyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yildiz, A. K. (2014). “Effective Communication Skills to Manage the Library: Relations Between Managers and Librarians”. Qualitative and Quantitative Methods in Libraries (QQML), 2.

Published
2019-04-19
How to Cite
Prabowo, T. T. (2019). Komunikasi Efektif pada Bahasa Tubuh Pustakawan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.24252/kah.v7i1a1
Section
Articles
Abstract viewed = 2293 times