Hubungan Layanan Sirkulasi dengan Pembentukan Citra Perpustakaan (Studi Deskripsi di Perpustakaan Universitas Andalas)

  • Rifan Irfandi Irfan universitas negeri padang
    (ID)

Abstract

Circulation services, in English circulation is “circulation”, which is a round in the world of libraries, this service division serves as a lending service and a customer service. In the world of libraries, this service is very important, therefore the services in this section require library management personnel to be equipped with knowledge and skills in managing libraries, especially in the circulation services section. From this description, it can be concluded that circulation services are activities that must be in the library related to the borrowing and returning library materials so that they can be used optimally by users. This circulation service aims to make the use of collections effective and the control of collections in the library can be considered because they can know when the users borrow and return the collections borrowed from the library, therefore the collections can be performed well. If the user is late in returning the collection, he will be subject to a fine that has been agreed upon and determined by the library.

 

Layanan sirkulasi, dalam bahasa inggris sirkulasi ialah “circulation” ialah putaran di dunia perpustakaan bagian layanan ini bertugas untuk sebagai pelayanan peminjaman dan pelayanan pemustaka. Di dalam dunia perpustakaan layanan ini sagatlah penting oleh karena itu layanan yang ada bagian ini Untuk itu membutuhkan tenaga pengelola perpustakaan perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan mengelola perpustakaan khususnya pada bagian pelayanan sirkulasi. Dari uraian tersebut bisa disimpulkan bahwa pelayanan sirkulasi adalah kegiatan yang harus ada di dalam perpustakaan yang berhubungan dengan bagian peminjaman dan pengembalian bahan pustaka agar dapat dipergunakan oleh pengguna secara maksimal. Layanan sirkulasi ini bertujuan agar pemakaian koleksi bisa efektif dan pengawasan terhadap koleksi di perpustakaan bisa diperhatikan karena bisa tau kapan pemustaka meminjam dan mengembalikan koleksi yang di pinjam di perpustakaan oleh karena itu koleksi dapat terja denan baik. Jika pemustaka tersebut terlambat mengembalikan koleksi maka akan dikena denda yang telah disepakati dan ditetapkan oleh perpustakaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arafat. (2006). Pengertian Citra . 29.Lasa. (1994).

Mita Aresti, H. (2019). Upaya Mewujudkan Ruang Publik Bgai Tunanetra di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka Daerah Istimewa Yoghyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan , 40-48.

Palupi, A. s. (2003). Pengertian perpustakaan.

Pengertian Pelayanan Sirkulasi Menurut Ahli. (2015, Agustus 31). Retrieved Januari 09, 2021, from lampungtimur.com: lampungtimur.com/2015/08/pengertian-pelayanan-sirkulasi-menurut.html

PUTRA, F. R. (2016, Mei 16). pelayanan sirkulasi perpustakaan . Retrieved Januari 9, 2021, from basipda.bekasikab: https://basipda.bekasikab.go.id/berita-pelayanan-sirkulasi-perpustakaan.

Sulistyo-Basuki. (1993).

Yendri. (2010).

Published
2021-03-25
How to Cite
Irfan, R. I. (2021). Hubungan Layanan Sirkulasi dengan Pembentukan Citra Perpustakaan (Studi Deskripsi di Perpustakaan Universitas Andalas). Literatify : Trends in Library Developments, 2(1), 29-34. https://doi.org/10.24252/literatify.v2i1.18713
Section
Artikel
Abstract viewed = 279 times