PROGRAM WISATA LITERASI UNTUK PENGUATAN LITERASI PELAJAR DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SINJAI

  • Tawakkal UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ramadayanti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Saenal Abidin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suryani Sufatmah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Arsil T. UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Touku Umar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas studi tentang program wisata literasi dalam meningkatkan literasi pelajar di Kabupaten Sinjai. Terdapat tiga poin yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu konsep, implementasi dan dampak yang dirasakan pelajar terhadap program wisata literasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai. Pentingnya penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pelaksanaannya program tersebut, apakah hanya berfokus pada pelajar atau juga ke berbagai kalangan masyarakat serta mencakup segala usia.

Adapun jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, yaitu penulis melakukan wawancara dengan informan. Kemudian sumber data penelitian ini adalah staf perpustakaan, pelajar dan guru. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep program wisata literasi memberikan pengenalan kepada pemustaka dan peserta didik terkait dengan layanan yang diberikan di Perpustakaan, Dinas Perpustakaan bersinergi dengan Dinas Pariwisata untuk memperkenalkan tempat wisata yang ada di Kabupaten Sinjai dengan mengadakan kegiatan di tempat wisata, seperti membaca buku, senam literasi dan mendengarkan cerita dongeng. Dalam pelaksanaannya Dinas Perpustakaan menyurat ke sekolah tembusan ke Dinas Pendidikan. Setelah mendapatkan respon, pelajar dijemput kemudian diajak ke perpustakaan dan tempat wisata dengan disuguhkan berbagai macam koleksi buku dan kegiatan di sana. Program wisata literasi ini memberikan kontribusi yang sangat penting terhadap peningkatan minat baca pelajar, namun dalam batas-batas tertentu mengganggu aktivitas belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Arianti, R. (2021). Strategi Taman Baca Masyarakat (TBM) Pinisi Nusantara 1986 Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi Di Kabupaten Bulukumba. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Dirjen Dikdasmen. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Hidayati, I. W., & Usman, N. (2020). Peningkatan Minat Baca Masyarakat Melalui Wisata Literasi. Retrieved From https://journal.umy.ac.id/index.php/ berdikari/article/view/6152
Imanuddin & Apriliana, T. A (2022). Wisata Literasi Digital: Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten Kreatif Wisata Literasi Digital bagi Forum (TBM) Taman Bacaan Masyarakat Kota Bekasi. Retrieved From http://jurnal.um-tapsel.ac.id/ index.php/martabe/article/view/8550
Indriyani, V., Zaim, M., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Retrieved From https://ejournal.umm.ac.id/index.php /kembara/article/view/7842
Istania. (2020). Peningkatan Minat Baca Masyarakat Melalui Wisata Literasi. Retrieved From https://journal.umy.ac.id/index.php/berdikari/article/view/6152
Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Mulyati, Y. (2012). Belajar Aktif Vs Aktif Belajar Menggagas Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal : Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retrieved From https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/ metaedukasi/article/view/976
Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Retrieved From https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/ view/9751
Prasetyo, H. & Rini, H. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Masyarakat Melalui Program Wisata Literasi. Retrieved From https:// jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/baca/article/view/812
Prasetyo, H., & Rini, H. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Masyarakat Melalui Program Wisata Literasi. Retrieved From https://jurnalbaca. pdii.lipi.go.id/baca/article/view/812
Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Retrieved From https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/5597
Sari, D. P. (2018). Apakah Ada Peranan Aktivitas Wisata Dalam Peningkatan Ekonomi Daerah Di Kota Bogor. Retrieved From https://e-journals.unmul.ac.id/ index.php/jadbis/article/view/8987
Sedarmayanti, H. Gumelar S. Sastrayuda, & Lia Afriza. (2018). Pembangunan & Pengembangan Pariwisata. Bandung: Refika Aditama.
Setiadi, R. (2010). Self Efficacy in Indonesian Literacy Teaching Context: Atheortical and Empirical Perspective. Bandung: Rizki Press.
Sudarwati. (2022). Wisata Literasi Siswa (WLS) SDN Sukorambi 01 Jember Untuk Meningkatkan Kepedulian dan Percaya Diri. Retrieved From https://journal.um-surabaya.ac.id/Stilistika/article/view/12825
Wahyudi, M. H., & Mutiari, D. (2021). Model Taman Baca sebagai Wisata Literasi di Era Pandemi Covid 19. Retrieved From https://journals.ums.ac.id/index.php/ sinektika/article/view/13288
Wahyudi. (2021). Model Taman Baca Sebagai Wisata Literasi Di Era Pandemi Covid 19. Retrieved From https://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika/article/ view/13288/pdf
Published
2024-03-31
How to Cite
Tawakkal, Ramadayanti, Abidin, S., Sufatmah, S., Arsil T., & Umar, T. (2024). PROGRAM WISATA LITERASI UNTUK PENGUATAN LITERASI PELAJAR DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SINJAI. Literatify : Trends in Library Developments, 5(1), 99-113. https://doi.org/10.24252/literatify.v5i1.44537
Section
Artikel
Abstract viewed = 112 times