Pelestarian Bahan Pustaka Pasca Banjir Bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto

  • Saenal Abidin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Khudri Syam UIN Alauddin Makassar
  • Sitti Husaebah Pattah UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini membahas “Pelestarian Bahan Pustaka Pasca Banjir Bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto”. Rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana usaha dan bentuk pelestarian bahan pustaka yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto, (2) Bagaimana proses pelestarian bahan pustaka pasca banjir bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto, (3) apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pelestarian pasca banjir bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui usaha dan bentuk pelestarian bahan pustaka yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto, (2) Untuk mengetahui proses pelestarian bahan pustaka pasca banjir bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pelestarian pasca banjir bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam bentuk reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil akhir.

Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa (1) Usaha dan bentuk pelestarian bahan pustaka pasca banjir bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto yaitu berusaha untuk menyelamatkan bahan pustaka yang telah terendam air dan lumpur melalui pelestarian bahan pustaka dalam bentuk preservasi. (2) Proses pelestarian bahan pustaka pasca banjir bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto, selain untuk menyelamatkan buku, juga untuk menyelamatkan informasi yang terkandung di dalamnya serta proses pelestarian bahan pustaka ini memiliki 4 tahapan. (3) Kendala-kendala yang dihadapi yaitu Dana, Minimnya pengetahuan staf tentang kegiatan pelestarian pasca banjir dan kurangnya peralatan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Murdiyanto dan Tri Gutomo. (2015). Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor dan Upaya Masyarakat Dalam Penanggulangan. PKS 14, (4) : hlm 437-452. (Diakses pada tanggal 15 maret 2021)

Iwan G. Tejakusuma. (2005). Analisis Pasca Bencana Tsunami Aceh. Alami 10, no. 2:18-21. (Diakses pada tanggal 15 maret 2021).

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.

Sudarsono, Blasius. (2006). Antologi Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Sulistiyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2021-09-21
How to Cite
Abidin, S., Syam, M. K., & Pattah, S. H. (2021). Pelestarian Bahan Pustaka Pasca Banjir Bandang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto. Literatify : Trends in Library Developments, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.24252/literatify.v2i2.20407
Section
Artikel
Abstract viewed = 361 times