Estimasi Peluang Klaim Tebus pada Perusahaan Asuransi menggunakan Model Point Process

  • Wahidah ida Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Dewi Anugrawati Jurusan Matematika UIN-Alauddin Makassar
  • Ismawati Ismawati Jurusan Matematika UIN-Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini membahas perkiraan peluang klaim tebus pada suatu perusahaan asuransi, klaim tebus adalah suatu klaim yang di ajukan karena wanprestasi tertanggung (Seseorang yang berhenti/keluar dari asuransi sebelum waktu jatuh tempo atau terjadi suatu risiko asuransi). Klaim tebus juga merupakan klaim yang sulit diprediksi karena kejadiannnya bersifat acak. Oleh karena itu pada penelitian ini digunakan model Point process dalam mengestimasi peluang klaim tebus. Point process merupakan salah satu proses stokastik yang dapat menerangkan suatu kejadian yang bersifat acak baik dalam ruang maupun waktu. Point process dikarakteristikkan berdasarkan intensitas bersyaratnya (Conditional Intensity). Pada penelitian ini intensitas bersyarat Point process dipandang sebagai proses renewal yang disebut sebagai Hazard Rate. Metode estimasi yang digunakan adalah maximum likelihood temporal point process yang dikontsruksi dengan proses Bernoulli dimana waktu antar kejadian  dibagi menjadi selang-selang sempit yang dipandang sebagai percobaan binomial. Sehingga diperoleh Hasil estimasi Hazard Rate dan peluang munculnya klaim yang akan datang berdasarkan fungsi Hazard Rate dari waktu antar kedatangan klaim yang berdistribusi lognormal. Pada skripsi ini diperoleh hasil semakin besar/panjang wantu antar kedatangan klaim,maka semakin besar pula peluang klaim terjadi pada interval waktu tersebut .

Author Biography

Wahidah ida Alwi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika

References

Tapan, E. (2005). ”Kanker, Antioksidan, dan Terapi Komplementer”. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Purwoastuti, Endang. 2008. “Kanker Payudara Pencegahan dan Deteksi Dini”. Yogyakarta: Kanisius, h.3.

Rahmatika. 2003. “Penatalaksanaan Kanker Payudara Terkini”. Jakarta: Pustaka Populer Obor, h.2.

Lisa. 2012. “Analisis Survival dengan Model Regresi Cox”. Jurnal Matematika Vol.2 No. 2, Desember 2012.ISSN:1693-1394, h. 26.

Saputra, Ari Sigit dkk. 2013. “Pemodelan Mixture Survival”. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, Vol.2, No.1 Juli 2013:76

Dwidayati, dkk. 2013. “Konvergensi Estimator dalam Model Mixture Berbasis Missing Data”. Jurnal MIPA36(2), h.186.

Rejki Najihatur, dkk. 2015. “Bayesian Reversible Jump Markov Chain Monte Carlo untuk Pemodelan Mixture Survival”. Surabaya: ITS. h. 597

Published
2020-01-23
How to Cite
[1]
W. ida Alwi, S. D. Anugrawati, and I. Ismawati, “Estimasi Peluang Klaim Tebus pada Perusahaan Asuransi menggunakan Model Point Process”, MSA, vol. 7, no. 2, pp. 62 - 67, Jan. 2020.
Section
Artikel
Abstract viewed = 262 times