Analisis Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Lebong

  • Siti Zuliana Fedi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong
    (ID)

Abstract

Fenomena kemiskinan melanda hampir di semua wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Selama dua tahun terakhir, kemiskinan di Kabupaten Lebong selalu mengalami peningkatan. Namun, anggaran perlindungan sosial dalam mengentaskan kemiskinan secara nasional selalu mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan rumah tangga untuk menjadi miskin di Kabupaten Lebong. Metode analisis yang digunakan adalah PCA Polychoric dan Regresi Logistik Biner. Dihasilkan bahwa kecenderungan rumah tangga di Kabupaten Lebong unuk menjadi miskin dipengaruhi oleh variabel kepemilikan aset, proporsi ART yang bekerja, proporsi ART berpendidikan tinggi, dan Jumlah ART. Dimana semakin tinggi nilai variabel-variabel penelitian tersebut yang dimiliki suatu rumah tangga, maka semakin kecil peluang rumah tangga untuk menjadi miskin.

Author Biography

Siti Zuliana Fedi, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong
ASN Badan Pusat Statistik. Unit kerja BPS Kabupaten Lebong, Staf Seksi Statistik Sosial.

References

Zuhdiyaty, N., & Kaluge, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Indonesia Selama Lima Tahun Terakhir. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 27-31.

Nurwati, N. (2008). Kemiskinan: Model Pengukuran, Permasalahan dan Alternatif Kebijakan. Jurnal Kependudukan Padjadjaran, 10(1), 1.

BPS. (2020). Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota. Jakarta: BPS

Marlinda, V. Y. P., & Permanasari, V. Y. (2019). Pengeluaran out of pocket rumah tangga untuk upaya pencegahan kesehatan anak: analisis berbasis two part model dan Tobit. BKM Journal of Community Medicine and Public Health.

Adiana, P. P. E., & Karmini, N. L. (2012). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Hal, 39-48.

Jacobus, E. H., Kindangen, P., & Walewangko, E. N. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan rumah tangga di Sulawesi Utara. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, 19(7).

Hosmer, D. W. dan Lemeshow, S.. (2000). Applied Logistic Regression. John Willey and Sons. Inc.New York.

Rata-rata Pengeluaran per Kapita. (2019, August 29). SEPAKAT wiki, . Retrieved 00:37, January 24, 2021 from http://sepakat.bappenas.go.id/wiki/index.php?title=Rata-rata_Pengeluaran_per_Kapita&oldid=534.

Nanga, Muana. 2005. Makro Ekonomi: Teori, Masalah, dan Kebijakan, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Todaro, Michael. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketujuh Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Basorudin, Muhammad & Heryanti, Rizka & Humairo, Nadia & Putro, Anggoro & Firdani, Alfada. (2020). Ketenagakerjaan dan Kemiskinan. 3. 79-91. 10.23969/oikos.v4i1.1866

Published
2021-12-28
How to Cite
[1]
S. Z. Fedi, “Analisis Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Lebong”, MSA, vol. 9, no. 2, pp. 16-21, Dec. 2021.
Abstract viewed = 364 times