Model Regresi Dummy untuk Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa

  • Dita Monita Palangka Raya University
    (ID)

Abstract

Regresi yang melibatkan variabel dummy (bernilai 0 atau 1) dapat digunakan untuk menentukan pengaruh dari variabel dummy terhadap suatu variabel kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model regresi yang menyatakan hubungan antara IPK mahasiswa dengan nilai UN (variabel kuantitatif) dan empat variabel dummy yaitu status SMA/SMK (SMA), tingkat akreditasi SMA/SMK (AK), asal kabupaten dari SMA/SMK (KAB), dan jalur masuk perguruan tinggi (PT). Populasinya adalah semua mahasiswa pendidikan matematika angkatan (yang masuk) di tahun akademik 2019/2020 dari salah satu universitas di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada populasi. Banyak anggota populasi adalah 59 mahasiswa. Peneliti mengumpulkan data menggunakan survey online (google form). Analisis data dilakukan secara deskriptif (tabel dan grafik), dan inferensia (analisis regresi dummy). Hasilnya menunjukkan bahwa UN, SMA, dan AK secara signifikan berpengaruh terhadap IPK, sedangkan dua variabel dummy lainnya tidak signifikan. Model regresi terbaiknya adalah .

References

Amalita, N., & Kurniati, Y, 2013, “Model regresi dummy dalam memprediksi performansi akademik mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNP”, Semirata FMIPA BKS Barat (pp. 387-391), Lampung: Unila.

Amalita, N., & Kurniawati, Y, 2013, “Model regresi dummy indeks prestasi makademik mahasiswa angkatan 2010 jurusan matematika FMIPA UNP”, Eksakta, 2, 17-23.

Chatterjee, S., & Simonoff, J. S, 2013, “Handbook of Regression Analysis”, Hobokeen, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Lestari, W, 2017, “Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika”, Jurnal Analisa , 3 (1), 76-84.

Mairing, J. P. (2016). Statistika pendidikan: Konsep dan aplikasi menggunakan minitab dan excel. Yogyakarta: Andi Offset.

Montgomery, D. C., Peck, E. A., & Vining, G. G, 2012, “Introduction to Linear Regression Analysis (5th Edition ed.)”, Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, 2018, “Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin”, Journal of Mechanical Engineering Education , 5 (1), 21-26.

Published
2021-12-28
How to Cite
[1]
D. Monita, “Model Regresi Dummy untuk Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa”, MSA, vol. 9, no. 2, pp. 43-50, Dec. 2021.
Abstract viewed = 2643 times