IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR DALAM BERBELANJA ONLINE

  • Adiatma Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Adnan Sauddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Karmatang Amma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Konsep belanja di masyarakat mengalami perkembangan dengan adanya belanja online. Belanja online pun semakin populer di kalangan mahasiswa yang bisa dilihat dengan meningkatnya pola transaksi belanja online yang semakin hari semakin meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang atau mahasiswa berbelanja online diantaranya menghemat waktu dan biaya, penyampaian informasi yang up to date, produk yang beraneka ragam, dapat membandingkan harga dengan mudah, serta konsumen dapat memberikan masukan atau saran apabila produk yang dipesan tidak sesuai dengan ekspektasi dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa UIN Alauddin Makassar dalam Berbelanja Online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah EFA (Exploratory Factor Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 faktor yang mempengaruhi mahasiswa UIN Alauddin Makassar dalam berbelanja online yaitu kemudahan, pelayanan, ketersediaan media transaksi, kualitas informasi, keamanan, potongan harga, profesionalisme, dan kepercayaan.

Author Biographies

Adiatma Rasyid, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika
Adnan Sauddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika
Karmatang Amma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika

References

Lestari, Sri Budi. 2105. Shopping Online Sebagai Gaya Hidup. Jurnal Ilmu Sosial. Vol.14 no.2. h.1.

Joseph F.Hair, Jr.William C.Black Barr, J.Babin Rolph E.Anderson Seventh Edition. 2014. Multivariate Data Analysis (Amerika: United States of America). h.92.

Widayat. 2018. Statistika Multivariat. Malang:UMM Press. h.21.

Nugroho, Sigit P.hD. 2008. Statistika Multivariat Terapan. Bengkulu:UNIB Press. h.16.

Supranto. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta: PT.RINEKA CIPTA. h.128.

Tety Elida dan Ari Raharjo. 2019. Pemasaran Digital. Bogor: IPB Press. h.78.

Published
2021-12-28
How to Cite
[1]
A. Rasyid, A. Sauddin, and K. Amma, “IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR DALAM BERBELANJA ONLINE”, MSA, vol. 9, no. 2, pp. 68-73, Dec. 2021.
Abstract viewed = 193 times