Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan

  • Isma Muthahharah STKP Pembangunan Indonesia
    (ID)
  • Inayanti Fatwa STKIP Pembangunan Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian adalah menggunakan analisis regresi linear berganda dalam melihat pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa di STKIP Pembangunan Indonesia.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 25 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa analisis regresi linear berganda dapat digunakan untuk melihat pengaruh media pembelajaran WhatsApp Grup dan  Media Pembelajaran Google Classrom terhadap Prestasi belajar mahasiswa, dimana media pembelajaran WhatsApp Group berpengaruh terhadap prestasi belajar  mahasiswa. Sedangkan media pembelajaran Google Classroom tidak berpengaruh terhadap pretasi belajar Mhhasiswa. Perbedaan fitur antara WhatsApp Grup dan Google Classroom menyebabkan ada tidaknya pengaruh proses pembelajaran yang berkaitan dengan pretasi belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan selama pendemi Covid-19.

 

References

Kemdikbud, “Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Diasese (Covid-19),” Https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/. 2020.

A. H. Ali Sadikin, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Indones. J. Islam. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 187–192, 2019, doi: 10.17509/t.v6i2.20887.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020.

Nadia, “Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Pada Era Covid-19,” Osteoarthr. Cartil., vol. 28, no. 2, pp. 1–43, 2020, [Online]. Available: http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.

Sabran and E. Sabara, “Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran,” Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. Univ. NEGERI Makasar, pp. 122–125, 2019, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id.

S. Kartikawati and H. Pratama, “Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis,” Jupiter (Jurnal Pendidik. Tek. Elektro), vol. 2, no. 2, p. 33, 2017, doi: 10.25273/jupiter.v2i2.1797.

D. Haqien and A. A. Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 51–56, 2020.

Padilah & Adam, “Analisis regresi linier berganda dalam estimasi produktivitas tanaman padi di kabupaten karawang 1,2),” pp. 117–128, 2016.

J. Harlan, Analisis Regresi Linear, vol. 53, no. 9. 2018.

Miftachul ulum, “B u k u uji validitas dan uji reliabilitas,” Buku Uji Validitas dan Uji Reliab., p. 67, 2016.

M. Mona, J. Kekenusa, and J. Prang, “Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud,” J. Mat. dan Apl., vol. 4, no. 2, p. 196, 2015, doi: 10.35799/dc.4.2.2015.9211.

B. Setiawan, “Teknik Hitung Manual Analisis Regresi Linear Berganda Dua Variabel Bebas,” pp. 0–9, 2017, doi: 10.31227/osf.io/gd73a.

R. Y. A. Putro and M. Kamal, “Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya,” vol. 10, no. 2, pp. 178–185, 2013, doi: 10.14710/jsmo.v10i2.5916.

L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, and K. Heru, “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp.

P. Ahmad Amalia Rizky Fauzi, “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN AR-RANIRY Banda Aceh,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 3, 2018.

E. Ernati, “Pemanfaatan Media Sosial Melalu WhatsAPP GRoup FEI Sebagai Saran Komunikasi,” Ling. Didakt. J. Bhs. dan Pembelajaran Bhs., vol. 2, no. 2, p. 32, 2009, doi: 10.24036/ld.v2i2.3525.

Edunex Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB, “Google Classroom: Panduan Mengelola Kelas Daring,” pp. 1–21, 2020.

R. S. Pirantika, A. Purwanti, “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune UP Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun 2015/2016,” Univ. Nusant. PGRI Kediri, vol. 01, no. 1, pp. 1–7, 2017, [Online]. Available: http://www.albayan.ae.

Published
2022-06-16
How to Cite
[1]
I. Muthahharah and Inayanti Fatwa, “Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan”, MSA, vol. 10, no. 1, pp. 53-60, Jun. 2022.
Abstract viewed = 3692 times