Analisis Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Stock Split Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Jannati Tangngisalu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
    (ID)
  • Syamsul Ridjal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
    (ID)
  • Astri Sabar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap profitabilitas sebelum dan sesudah dilakukannya peristiwa pemecahan saham. Stock split adalah membagi harga saham menjadi lebih kecil dari harga sebelumnya agar lebih likuid untuk diperdagangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif dimana data yang diperoleh yaitu data berupa angka. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dimana menggunakan laporan keuangan periode 2015-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan stock split pada tahun 2016 berjumlah 15 perusahaan dengan jumlah sampel sebanyak 30 sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon signed ranks test dengan menggunakan software SPSS. Adapun rasio yang digunakan sebagai indikator profitabilitas dalam penelitian ini adalah Net Profit Margin (NPM), Return On Assetes (ROA). Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hipotesis yang diajukan di tolak karena menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Ini berarti bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap peristiwa stock split.

References

Boedhi, Soelistijono, and Princess Diana Lidharta. 2011. “Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Stock Split Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Spread 1(1): 62–73.

Charitas A.W. 2010. Analisis Profitabilitas Sebelum Dan Sesudah Peristiwa Stock Split (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di BEI). SKRIPSI Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Darmadji,Tjiptono dan Fakhruddin,Hendy M.(2008).Pasar Modal Di Indonesia:Pendekatan Tanya Jawab.Cetakan ketiga. Jakarta:Salemba Empat.

Fahmi,Irham.(2015).Manajemen Investasi :Teori Dan Soal Jawab.Jakarta:Salemba Empat.

Harmono. (2016).Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard.Cetakan kelima.Jakarta : PT .Bumi Aksara.

Herman,dkk.(2017).Laboratorium Pengolahan Data.

Indarti, Iin, and Desti Mulyani BR. Purba. 2011. “Analisis Perbandingan Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Sebelum Dan Sesudah Stock Split Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmiah Aset 13(1): 57–63.

Jogiyanto. (2010). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh.Yogyakarta : BPFE.

Kasmir.2018.Analisis Laporan Keuangan.cet.11.Depok:Rajawali.

Martalena,Maya Malinda.(2011).Pengantar Pasar Modal.Yogyakarta:Penerbit Andi.

Sudana, I Made. (2015).Manajemen Keuangan Perusahaan.Jakarta:Erlangga

Sugiyono.(2017).Metodepenelitian:Kuantitaif,Kualitatif dan R&D.Bandung:ALFABETA

Vol, Simki-economic. 2017. “ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015.” 01(12).

www.idx.co.id

Yusuf, Nidar, and Titi Rohmah. 2020. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk.” PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING: 274–82.
Published
2022-06-07
How to Cite
[1]
Jannati Tangngisalu, Syamsul Ridjal, and Astri Sabar, “Analisis Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Stock Split Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”, MSA, vol. 10, no. 1, pp. 15-21, Jun. 2022.
Abstract viewed = 293 times