MODEL EPIDEMI SEIEDR PERILAKU KECANDUAN DRAMA KOREA

  • Nurul Fadhilah Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Hikmah Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Fardinah Universitas Sulawesi Barat
    (ID)

Abstract

Korean Wave atau hiburan dan budaya Korea semakin menjamur dari tahun ke tahun hingga ke berbagai negara, salah satunya adalah tayangan drama Korea sehingga banyak terjadi fenomena seseorang memiliki perilaku kecanduan drama Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun model matematika suatu fenomena sosial yaitu menonton drama Korea secara berlebihan yang menimbulkan perilaku kecanduan, dengan menggunakan model epidemi SEIEdR (Susceptible – Exposed – Infected – Education –  Recovered), menganalisis model, dan menginterpretasikan simulasi model matematika dengan software  maple. Metode yang digunakan untuk menganalisis kestabilan model yaitu berdasarkan karakteristik nilai eigen dengan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bilangan reproduksi dasar dan 2 titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit dan titik kesetimbangan endemik. Titik kesetimbangan bebas penyakit akan stabil asimtotik lokal apabila  dan titik kesetimbangan endemik akan stabil lokal apabila . Simulasi model dilakukan dengan menggunakan program maple yang menunjukkan bahwa tidak akan terjadi endemik dan penyakit akan menghilang seiring berjalannya waktu jika memenuhi hubungan parameter yang disyaratkan.

References

[1]Anton, H & Rorres, C. 2014. Elementary Linear Algebra 11th Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.
[2]Anwar, A., 2020, Pemodelan Matematika SEIRS Terhadap Kecanduan Game Online pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Tesis, Univ. Negeri Makassar, Makassar.
[3]Burhan, F.A., 2020, Penonton Drama Korea di YouTube Melonjak saat Pandemi Corona,
https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5f60a926269c1/penonton-drama-korea-youtube-melonjak-saat-pandemi-corona, diakses tanggal 19 September 2021.
[4]Indrayani, S.W., 2017, Analisis Kestabilan Model SEIR dengan Vaksinasi pada Penyebaran Penyakit Campak di Kabupaten Sleman Provinsi DIY, Skripsi, Univ. Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
[5]Kocak, H. & J.K. Hale, 1991, Dynamic and Bifurcation, Springer – Verlag, New York.
[6]Olsder, G. J. & Woude, J.W. van der, 2004, Mathematical Systems Theory, Netherland: VVSD.
[7]Perko, L. 2001. Differential Equation and Dynamical System. Springer-Verlag Berlin Heidelberg: New York.
[8]Rahma, A.Z., & Wiyono B.D., 2020, Studi Tentang Perilaku Konsumtif Siswa yang Kecanduan Drama Korea di SMAN 1 Manyar Gresik, Jurnal BK UNESA, No.2, Vol.11, 230-239.
[9]Side, S., dkk, 2016, Analisis dan Simulasi Model SITR pada Penyebaran Penyakit Tuberkulosis di Kota Makassar, Journal Sainsmat, No.2, Vol.5, 191-204.
Published
2022-12-10
How to Cite
[1]
Nurul Fadhilah, Hikmah, and Fardinah, “MODEL EPIDEMI SEIEDR PERILAKU KECANDUAN DRAMA KOREA”, MSA, vol. 10, no. 2, pp. 85-94, Dec. 2022.
Abstract viewed = 558 times