Pemanfaatan Aplikasi GANDEKA dalam Memasarkan Produk dan Jasa Bagi Disabilitas Berbasis Web

  • A.Muhammad Syafar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Firmansyah Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Fuadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

 Penelitian ini di latar belakangi oleh  adanya pengguna disabilitas Makassar yang membutuhkan aplikasi dalam produk dan Jasa. Penelitian ini bertujuan Untuk membuat desain dalam pemanfaatan Aplikasi GANDEKA.Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Data primer diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada konsumen penyandang disabilitas. Pengumpulan data disabilitas ini berjumlah total ada 30 responden disabilitas .Dimana jenis kelamin responden laki-laki ada sekitar 56.7% dan responden perempuan 43.3% yang melakukan pengumpulan data. Dilakukannya pengumpulan data ini sebagai langkah awal untuk dapat mengidentifikasi seberapa besar keinginan masyarakat umum untuk dapat menggunakan jasa teman-teman disabilitas untuk dapat membantu mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Selain itu dapat juga mengidentifikasi seberapa besar keinginan teman-teman disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan tambahan yang dapat mereka bisa kerjakan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka sehar-hari.Hasil Penelitian yang diperoleh Berdasarkan data dari 30 responden didapatkan bahwa 30 responden memiliki keinginan dengan kategori "Tinggi" terhadap aplikasi Gandengka.

References

Badan Pusat Statistik. 2018. “Kota Makassar Dalam Angka 2018”
Arifianto, T.2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren Dengan Lwuit.Yogyakarta: Andi Publiser, .
Gaol, Chr.Jimmy L. 2008. Sistem Informasi Manajemen : Pemahaman dan Aplikasi.Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Gargenta, M. 2011.Learning Android. California : O’Reilly Media,
Handari W. 2012. Organisasi dan Kode Etik Profesi. Bandung: Politeknik Telkom Bandung
Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.
Mauri, J. L. (2015). Android Oprertion System. Singapura: Defense Review
Published
2023-06-06
How to Cite
[1]
A.Muhammad Syafar, Firmansyah Ibrahim, and Nurul Fuadi, “Pemanfaatan Aplikasi GANDEKA dalam Memasarkan Produk dan Jasa Bagi Disabilitas Berbasis Web”, MSA, vol. 11, no. 1, pp. 88-92, Jun. 2023.
Abstract viewed = 76 times