PENGELOMPOKAN USIA KONSUMEN BERDASARKAN MINAT BERBELANJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CENTROID
Abstract
Produsen melakukan pengelompokan berdasarkan usia dengan tujuan untuk mendapat informasi tentang perilaku pembelian pada kelompok usia tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang minat berbelanja konsumen pada kelompok usia tertentu dengan menggunakan metode centroid. Penelitian ini dilakukan di salah satu toko mebel dan elektronik di Kabupaten Bulukumba dengan membagi 8 kelompok usia dan 4 jenis faktor yaitu faktor harga, lokasi, produk dan pelayanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 200 konsumen, selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis klaster dengan metode centroid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat konsumen pada toko yang diteliti terbagi atas 2 klaster. Pada Klaster pertama terdiri dari konsumen yang berusia 31-40 tahun dimana minat konsumen lebih besar pada faktor kualitas produk (37,31%) dan pelayanan (37,31%), sedangkan pada klaster kedua terdiri dari konsumen yang berusia 16-30 tahun dan berusia 41-55 tahun dengan minat konsumen lebih besar pada faktor harga (37,59%) dan lokasi(36,09%). Nilai kepadatan klaster yang diperoleh adalah 0,16
References
Simarora, Bilson. 2002. “Panduan Riset Perilaku Konsumen”, Jakarta: Garamedia Pustaka Utama.
Supranto, J. 2004. “Analisis Multivariat: Arti dan interpretasi”. Jakarta: Rinka Cipta.
Kotler, dkk. 2005. “Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi Kesebelas”, Jakarta: Erlangga.
Sharma, Subash. 1996. “Applied Multivariate Techniques”. New-York: John Wiley dan & Sons, Inc.
Santoso, Singgih. 2002. “Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat”, Jakarta: PT Elex Kompotindo.
Saputra, Ari Sigit dkk. 2013. “Pemodelan Mixture Survival”. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, Vol.2, No.1 Juli 2013:76