MANAJEMEN PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA SATUAN PAUD

  • Sitti Mania universitas islam negeri alauddin makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusyidi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Mulyani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ningsih Indasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni Wahyuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Juliati Juliati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui gambaran penerapan manajemen penilaian di TK Al-Aiqa Islamic School Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kualitatif dengan dua subjek yaitu guru dan kepalasekolah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi terhadap tahapan pengelolaan penilaian pada lokasi penelitian yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hasil belajar, pengarsipan dan pelaporan. Dalamperencanaan, TK Al-Aika Islamik School sebelum merancang tugas terlebih dahulu telah memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang digunakan sebelum menyusun program kegiatan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan fisik anak. Pelaksanaan penelitian terutama dilakukan berdasarkan deskripsi pertumbuhan dan perkembangan individu anak. Deskripsi tersebut diperoleh melalui hasil pelaksanaan pembelajaran harian yang dilengkapi dengan alat dan kriteria penilaian, serta ketetapan indikasi capaiannya dalam waktu dan tempat yang telah ditentukan. Pengolahan hasil belajar dan pengarsifan dilakukan berupa kumpulan dari hasil penggabungan data anak dalam bentuk portofolio yang juga berfungsi sebagai bahan laporan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik kepada orang tua mereka masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, E., Hartika, A.S., Herawati, Lisna, Jannah, R., & Pratiwi, S.I. (2018). Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa. Nanaeke: Journal of Early Childhood Education, (1(1): 13-24.

Hartati, S. (2017). Pengembangan model Asesmen Pekembangan Taman Kanak-Kanak DI DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1): 19-30.

Harun. (2012). Manajemen Pendididkan Paud Al- Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 1(2): 76-86.

Kusrahmadi, S.D. (2018). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak usia dini Dalam Mewujudkan Warga Negara yang baik. Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 8(1): 1-15.

Purwasih, Wahyu. (2018). Tekhnik Penilaian Unjuk Kerja dan Catatan Anekdot sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak di PAUD Aisyiyah cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna, 2(2) :76-85.

Rohita dan Nurfadilah. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Deskriprif) pada taman kanak-kanak Jakarta, Jurnal Al Azhar Humaniora, 4(1): 53-62.

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(1): 274-292.

Suyadi. (2016). Perencanaan dan Asesmen Pada Anak Usia Dini di Daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1): 65-74.

Published
2019-12-30
How to Cite
Mania, S., Rasyid, M. R., Mulyani, S., Indasari, N., Wahyuni, W., & Juliati, J. (2019). MANAJEMEN PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA SATUAN PAUD. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 135-142. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11679
Section
Artikel
Abstract viewed = 2015 times