MANAJEMEN PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA SATUAN PAUD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui gambaran penerapan manajemen penilaian di TK Al-Aiqa Islamic School Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kualitatif dengan dua subjek yaitu guru dan kepalasekolah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi terhadap tahapan pengelolaan penilaian pada lokasi penelitian yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hasil belajar, pengarsipan dan pelaporan. Dalamperencanaan, TK Al-Aika Islamik School sebelum merancang tugas terlebih dahulu telah memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang digunakan sebelum menyusun program kegiatan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan fisik anak. Pelaksanaan penelitian terutama dilakukan berdasarkan deskripsi pertumbuhan dan perkembangan individu anak. Deskripsi tersebut diperoleh melalui hasil pelaksanaan pembelajaran harian yang dilengkapi dengan alat dan kriteria penilaian, serta ketetapan indikasi capaiannya dalam waktu dan tempat yang telah ditentukan. Pengolahan hasil belajar dan pengarsifan dilakukan berupa kumpulan dari hasil penggabungan data anak dalam bentuk portofolio yang juga berfungsi sebagai bahan laporan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik kepada orang tua mereka masing-masing.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Damayanti, E., Hartika, A.S., Herawati, Lisna, Jannah, R., & Pratiwi, S.I. (2018). Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa. Nanaeke: Journal of Early Childhood Education, (1(1): 13-24.
Hartati, S. (2017). Pengembangan model Asesmen Pekembangan Taman Kanak-Kanak DI DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1): 19-30.
Harun. (2012). Manajemen Pendididkan Paud Al- Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 1(2): 76-86.
Kusrahmadi, S.D. (2018). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak usia dini Dalam Mewujudkan Warga Negara yang baik. Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 8(1): 1-15.
Purwasih, Wahyu. (2018). Tekhnik Penilaian Unjuk Kerja dan Catatan Anekdot sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak di PAUD Aisyiyah cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna, 2(2) :76-85.
Rohita dan Nurfadilah. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Deskriprif) pada taman kanak-kanak Jakarta, Jurnal Al Azhar Humaniora, 4(1): 53-62.
Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(1): 274-292.
Suyadi. (2016). Perencanaan dan Asesmen Pada Anak Usia Dini di Daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1): 65-74.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).