IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL ANAK USIA DINI

  • Husnul Hidayah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Yusuf T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Besse Marjani Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua  dalam menanamkan nilai moral anak usia dini (2-6 tahun) dalam keluarga di Desa Kindang Kabupaten Bulukumba, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat orang tua dalam menanamkan nilai moral anak usia dini (2-6 tahun) dalam keluarga di Desa Kindang Kabupaten Bulukumba, (3) Untuk mengetahui pola asuh yang efektif  dalam menanamkan nilai moral anak usia dini (2-6 tahun) dalam keluarga di Desa Kindang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data sebanyak 6 orang tua yang memiliki anak usia 2-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai moral pada anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan terlihat campuran dari 5 (lima) orang tua dalam keluarga 2 (dua) diantarannya mengarah pada pola asuh campuran antara pola asuh otoriter dan demokratis. Dan 3 (tiga) keluarga lainnya mengarah pada pola asuh demokratis dan permisif, namun permisif disini tidak mutlak. Sedangkan 1 (satu) orang tua dalam keluarga mengarah pada pola asuh permisif dan otoriter. 2) faktor penghambat orang tua dalam menanamkan nilai moral pada anak adalah: a) faktor gadget. b) faktor lingkungan yang kurang kondusif, sehingga orang tua sering kali khawatir terhadap perkembangan moral anak, c) faktor hubungan antara suami dan istri yang menyebabkan kurangnya memperhatikan perkembangan anak terutama perkembangan moralnya, dan, d) faktor pendidikan orang tua yang rendah sehingga kurang memahami apa yang menjadi kebutuhan bagi perkembangan anak mereka. 3) pola asuh yang efektif dalam menanamkan nilai moral pada anak dalam keluarga yakni pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amilin. (2015). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Moral Agama Pada Anak: Studi Pada Keluarga Buruh Tani Di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Fak. Ilmu Pendidikan UNY.

Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 10–24.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwandi. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwandi, 1(1). Diambil dari http://e-journal.hamzanwandi.ac.id/dspace/handle/1

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Pemerintah Dinas Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Peraturan Pemerintah Dinas Pendidikan Nasional. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Sinar Grafika

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini; pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Pranada Media Group.

Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pranada Media Group.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susylowati. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Akhlak Pada Anak Sejak Dini : studi kasus TK Bakti Nusa Indah, Ciputan Timur, Tangerang Selatan Banten. Skripsi. Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah.

Tahir, M. Y., Ismawati, Rismayani, & Nurhikmah. (2018). Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini pada Taman Kanak-kanak Aulia Samata Kabupaten Gowa. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood EducationIndonesian Journal Of Early Childhood Education, 1(1).

Published
2020-12-29
How to Cite
Hidayah, H., T, M. Y., & Alwi, B. M. (2020). IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 70-79. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17469
Section
Artikel
Abstract viewed = 462 times