STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 USIA 5-6 TAHUN

  • Ika Dewi Sartika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Umi Kusyairy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muh Rapi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui bentuk stimulasi perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun selama pandemi covid-19; dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan stimulasi perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk stimulasi untuk perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun sangat beragam seperti memberikan kebebasan anak untuk bermain sepeda, senam, bulutangkis, berjalan diatas papan titian, berlari, bermain bola sedangkan untuk kegiatan dalam rumah membantu orangtua seperti menyapu serta mencuci piring. Kegiatan tersebut tidak terlepas dari pantauan orangtua terlebih untuk kebersihan dan kesehatan anak sehingga kegiatan mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya. (2) Faktor pendukung sebagai berikut: lingkungan masyarakat yang kondusif, bimbingan dari sekolah, pemberian motivasi, kebutuhan gizi dan kreativitas orangtua selama pandemi covid-19. (3) Faktor penghambat seperti kecanduan gadget yang memicu kemalasan anak, minimnya peran ayah dalam pengasuhan, serta kurangnya penerapan protokol kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ika Dewi Sartika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Umi Kusyairy, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Muh Rapi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diana, K., R, M., & Astuti, I. (2014). Peningkatan Keterampilan Gerak Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa., 3(11).

Farid, M. A. (2019). Ungkapan Kasih Ibu Kumpulan Catatan Seputar Parenting. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moqowin. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.

Novela, T. (2019). Dampak Pola Asuh Ayah terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatulathfal:Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Novieastari, E., Kusman Ibrahim, D., & Ramdaniati, S. (2020). Dasar-Dasar Keperawatan. Indonesia: Elsevier.

Pratiwi, W. C., & Munawar, M. (2014). Peningkatan Keseimbangan Tubuh Melalui Berjalan Diatas Versa Disc Pada Anak Kelompok B Paud Taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian Paudia, 3(2).

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarti, S., Taib, B., Alhadad, B., & Achmad, F. (2021). Analisis Dampak Covid-19 dalam Proses Pembelajaran Daring pada Kelas B4 di PAUD Telkom Ternate. Jurnal Ilmiah Cahay PAUD, 3(1).

Yani, I. (2017). Stimulasi Perkembangan Anak Melalui Permainan Tradisional Suku Batak Toba. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12(12).

Published
2021-06-30
How to Cite
Sartika, I. D., Kusyairy, U., & Rapi, M. (2021). STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 USIA 5-6 TAHUN. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 42-52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21605
Section
Artikel
Abstract viewed = 680 times