STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 USIA 5-6 TAHUN
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui bentuk stimulasi perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun selama pandemi covid-19; dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan stimulasi perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk stimulasi untuk perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun sangat beragam seperti memberikan kebebasan anak untuk bermain sepeda, senam, bulutangkis, berjalan diatas papan titian, berlari, bermain bola sedangkan untuk kegiatan dalam rumah membantu orangtua seperti menyapu serta mencuci piring. Kegiatan tersebut tidak terlepas dari pantauan orangtua terlebih untuk kebersihan dan kesehatan anak sehingga kegiatan mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya. (2) Faktor pendukung sebagai berikut: lingkungan masyarakat yang kondusif, bimbingan dari sekolah, pemberian motivasi, kebutuhan gizi dan kreativitas orangtua selama pandemi covid-19. (3) Faktor penghambat seperti kecanduan gadget yang memicu kemalasan anak, minimnya peran ayah dalam pengasuhan, serta kurangnya penerapan protokol kesehatan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diana, K., R, M., & Astuti, I. (2014). Peningkatan Keterampilan Gerak Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa., 3(11).
Farid, M. A. (2019). Ungkapan Kasih Ibu Kumpulan Catatan Seputar Parenting. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Moqowin. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.
Novela, T. (2019). Dampak Pola Asuh Ayah terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatulathfal:Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).
Novieastari, E., Kusman Ibrahim, D., & Ramdaniati, S. (2020). Dasar-Dasar Keperawatan. Indonesia: Elsevier.
Pratiwi, W. C., & Munawar, M. (2014). Peningkatan Keseimbangan Tubuh Melalui Berjalan Diatas Versa Disc Pada Anak Kelompok B Paud Taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian Paudia, 3(2).
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarti, S., Taib, B., Alhadad, B., & Achmad, F. (2021). Analisis Dampak Covid-19 dalam Proses Pembelajaran Daring pada Kelas B4 di PAUD Telkom Ternate. Jurnal Ilmiah Cahay PAUD, 3(1).
Yani, I. (2017). Stimulasi Perkembangan Anak Melalui Permainan Tradisional Suku Batak Toba. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12(12).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).