MANAJEMEN PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK CITRA SAMATA KABUPATEN GOWA

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Sitti Hartika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Herawati Herawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisna Lisna Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Raudhatul Jannah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syafira Indri Pratiwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan manajemen penilaian di TK Citra Samata Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dua subjek yakni kepala sekolah dan guru TK Citra Samata. Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan menggunakan guide interview semi tertutup yang hasilnya diolah menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Citra Samata telah melakukan proses penilaian melalui lima tahap, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan atau pencatatan, pengolahan hasil belajar, pengarsipan, dan pelaporan. Dalam perencanaan, TK Citra Samata dalam membuat soal terlebih dahulu menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), menetapkan alat dan kriteria penilaian, dan menentukan indikator pencapaian anak dengan waktu dan tempat yang tepat. Dalam pelaksanaan, penilaian yang dilaksanakan di TK Citra Samata dilakukan berdasarkan deskripsi pertumbuhan dan perkembangan anak, melalui beberapa metode yakni observasi, wawancara, berbagai penugasan, dan unjuk kerja. Pengolahan hasil belajar yang dilakukan dengan menggabungkan semua data yang diperoleh lalu melakukan pengarsipan yang merupakan kumpulan dari hasil penggabungan data anak yang berupa portofolio untuk dilaporkan ke orang tua anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Damayanti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Andi Sitti Hartika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Herawati Herawati, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Lisna Lisna, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Raudhatul Jannah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Syafira Indri Pratiwi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Agustiningsih, R. (2015). Implementasi Prinsip-Prinsip Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Tk Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Azizah, F, A. (2014). Pembinaan Akhlak Berbasis Evaluasi Anecdotal Record Di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Gandu Berbah Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hartati, S. (2017). Pengembangan Model Asesmen Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak Di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/2522

Iswatiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Vol 1 No 3 Tahun 2018: 197-200 http://ojs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/

Kinasih, D.A., Amalia, F., & Priyambadha, B. (2018). Pengembangan System Evaluasi Pembelajaran PAUD (Studi Kasus Di PAUD Seruni 05 Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Computer. Vol 2 No 3 Tahun 2018: 1027-1035.

http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/1037/395/

Latif, M., Zukhairina., Subaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia: Fakultas Ilmu Pendidikan. Online. (Diunduh tanggal 20 Desember 2018 pada https://www.academia.edu/8187539/EVALUASI_PEMBELAJARAN_UNTUK_ANAK_USIA_DINI_Oleh_Ali_Nugraha_PENDIDIKAN_GURU_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI_JURUSAN_PEDAGOGIK_FAKULTAS_ILMU_PENDIDIKAN_UNIVERSITAS_PENDIDIKAN_INDONESIA_2010)

Rohita dan Nurfadilah. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriptif Pada Taman Kanak-Kanak Di Jakarta). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol.4, No. 1, Tahun 2017. http://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/255/240

Suyadi. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini (Studi kasus pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK/RA) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol 1 No 1 Tahun 2016. http://www.academia.edu/28144031/Perencanaan_dan_Asesmen_Perkembangan_Pada_Anak_Usia_Dini_Suyadi

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1, Tahun 2018.

http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/evaluasi/article/view/79

Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Waseso, I. (2005). Evaluasi pembelajaran TK. Jakarta: Penerbit UT

Zahro, F, I. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PG PAUD STKIP Siliwangi. Volume 1 Nomor 1, Tahun 2015: 92-111 www.google.com/search?safe=strict&oq=aqs=mobile-gws-lite.1.35i39l3...3&q=manajemen+penilaian+paud+jurnal+pdf.

Published
2018-12-31
How to Cite
Damayanti, E., Hartika, A. S., Herawati, H., Lisna, L., Jannah, R., & Pratiwi, S. I. (2018). MANAJEMEN PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK CITRA SAMATA KABUPATEN GOWA. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6861
Section
Artikel
Abstract viewed = 3282 times