ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL ANAK TK B
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan moral anak kelas TK B di RA DDI Darul Ihsan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diambil dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada anak usia 5 tahun. Sampel dalam penelitian ini yaitu delapan peserta didik. Analisis data yang dipakai adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perkembangan moral anak TK B3 Ddi DDI RA Darul Ihsan belum berkembang optimal yang nampak dari perilaku anak yang kurang sopan, tidak mau menolong, berkata kasar. Pentingnya menstimulasi perkembangan moral anak bukan hanya melalui pengajaran nilai-nilai berbuat baik dan bermoral, tetapi harus didukung dengan proses pendidikan dan pembelajaran moral secara terintegrasi melalui pemberian teladan baik oleh orangtua, guru dan pihak sekolah melalui keteraturan hidup, berlatih disiplin melalui pembiasaan dan kegiatan lainnya.
Downloads
References
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Andi Grafindo Persada.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta didik. Rosda Karya.
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Gunarsa, S. D. (1982). Dasar dan teori perkembangan anak. Gunung Mulia.
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Kosasih, M., & Rahmaniah, F. (2013). PERILAKU MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. JISI UMJ, 1(1), 1–8.
Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 01(2), 93–98.
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Novitasari, K. (2018). Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota. 1–9.
Nurhayati, Awalunisa, S., & Amrullah. (2014). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2), 55.
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar. Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Wahyuni, S., & Nuraini. (2019). Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 78–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3350
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).