ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL ANAK TK B

  • Ade Agusriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-9546-0071
  • Ulfiani Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Reski Aprianti Pratiwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Bunga Bunga Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan moral anak kelas TK B di RA DDI Darul Ihsan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diambil dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada anak usia 5 tahun. Sampel dalam penelitian ini yaitu delapan peserta didik. Analisis data yang dipakai adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perkembangan moral anak TK B3 Ddi DDI RA Darul Ihsan belum berkembang optimal yang nampak dari perilaku anak yang kurang sopan, tidak mau menolong, berkata kasar. Pentingnya menstimulasi perkembangan moral anak bukan hanya melalui pengajaran nilai-nilai berbuat baik dan bermoral, tetapi harus didukung dengan proses pendidikan dan pembelajaran moral secara terintegrasi melalui pemberian teladan baik oleh orangtua, guru dan pihak sekolah melalui keteraturan hidup, berlatih disiplin melalui pembiasaan dan kegiatan lainnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Andi Grafindo Persada.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta didik. Rosda Karya.

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Gunarsa, S. D. (1982). Dasar dan teori perkembangan anak. Gunung Mulia.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kosasih, M., & Rahmaniah, F. (2013). PERILAKU MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. JISI UMJ, 1(1), 1–8.

Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 01(2), 93–98.

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Novitasari, K. (2018). Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota. 1–9.

Nurhayati, Awalunisa, S., & Amrullah. (2014). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2), 55.

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar. Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Wahyuni, S., & Nuraini. (2019). Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 78–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3350

Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 823 times