PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAM TUMBUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BENDA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • A. Nur Rahma UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Rusdi T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan media alam tumbuhan terhadap kemampuan mengklasifikasi benda pada anak  usia 4-5 tahun di lingkungan Langguli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang ada di Lingkungan Langguli berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan sehingga penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua jumlah populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial jenis nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kemampuan mengklasifikasi benda sebelum penggunaan media alam tumbuhan berada pada kategori sedang.  (2) Kemampuan mengklasifikasi benda setelah penggunaan media alam tumbuhan berada pada kategori tinggi. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah penggunaan media alam tumbuhan maka terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan mengklasifikasi benda pada anak usia 4-5 tahun di lingkungan Langguli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Duriani. (2018). Implementasi Perencanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. Nanaeke, 2. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/39-50/6483

Fatmawati, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERSUMBER DARI ALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (p. 2). Pascasarjana. http://digilib.unila.ac.id/30676/2/SKRIPSI TANPA BAB Pembahasan.

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Latif, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Kencana.

Nugroho, S. (2008). Statistika Nonparametrika. UNIB Press.

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 50. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paudlectura/article/view/503.

Piaget, J. (2018). Psikologi Anak. Pustaka Pelajar.

Quroisin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Bentuk Geometri dengan Menggunakan Media Alam Sekitar di TK PGRI 79/03 Ngaliyan, Semarang (p. 138). UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22614.

Sujiono, B., & Nurani, Y. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks.

Sujiono Dkk.. (2010). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Sumini. (2013). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Melalui Media Realia Alam Sekitar Pada Kelompok B Di Bustanul AthfalAisyiyah Babadan I Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten 2013/2014 (p. 6). UMS. http://eprints.ums.ac.id/26702/10/NASK AH_PUBLIKASI.pdf. (diakses pada 2 Januari 2018)

Trimawartinah. (2020). Bahan Ajar Statistik Nonparametrik. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

Yusuf Tahir, M., & Rismayani. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Nanaeke. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/39-50/6483

Published
2021-12-30
How to Cite
Rahma, A. N., Patiung, D., & T, M. R. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAM TUMBUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BENDA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 111-120. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i2.25776
Section
Artikel
Abstract viewed = 263 times