Tentang Jurnal Ini

Fokus dan Cakupan

NANAEKE: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para peneliti di bidang pendidikan, khususnya dari studi Islam untuk menerbitkan artikel asli.

Ruang lingkup NANAEKE: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia adalah belajar mengajar, kebijakan pendidikan, pengembangan teori belajar mengajar, pendidikan guru, dan isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

NANAEKE: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga Pelatihan Guru (LPTK) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar bekerjasama dengan PPS PGRA Indonesia.

NANAEKE: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia menerima pengajuan dari seluruh dunia. 

Proses Peer Review

Setiap manuskrip yang dikirimkan ke NANAEKE: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia direview secara independen oleh setidaknya dua reviewer dalam bentuk "peer-review". Itu karena untuk meningkatkan kualitas artikel. Keputusan publikasi, amandemen, atau penolakan sebagian besar didasarkan pada laporan/rekomendasi mereka. Dalam kasus tertentu, editor dapat menyerahkan artikel untuk direview ke reviewer lain, reviewer ketiga sebelum mengambil keputusan, jika diperlukan. Tim Redaksi, bagaimanapun, berhak untuk membuat keputusan akhir tentang status naskah sehubungan dengan publikasi.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Pernyataan Etika Publikasi dan Malpraktek Publikasi

Pernyataan ini memperjelas perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal kami, termasuk penulis, editor, peer-reviewer dan penerbit, yaitu Jurusan Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Publikasi dan Kepengarangan 

  1. Semua makalah yang dikirimkan tunduk pada proses peer-review yang ketat oleh setidaknya dua Peninjau Internasional yang ahli di bidang makalah tertentu.
  2. Proses review adalah peer review buta.
  3. Faktor-faktor yang diperhitungkan dalam ulasan adalah relevansi, kesehatan, signifikansi, orisinalitas, keterbacaan, dan bahasa.
  4. Keputusan yang mungkin termasuk penerimaan, penerimaan dengan revisi, atau penolakan.
  5. Jika penulis didorong untuk merevisi dan mengirimkan kembali kiriman, tidak ada jaminan bahwa kiriman yang telah direvisi akan diterima.
  6. Artikel yang ditolak tidak akan ditinjau kembali.
  7. Penerimaan makalah dibatasi oleh persyaratan hukum yang kemudian berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.

Tugas Penulis

  1. Standar Pelaporan:  Penulis harus menyajikan laporan yang akurat tentang penelitian asli yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Peneliti harus mempresentasikan hasil mereka dengan jujur ​​dan tanpa rekayasa, pemalsuan atau manipulasi data yang tidak pantas. Sebuah manuskrip harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan curang atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman pengiriman jurnal.
  1. Orisinalitas dan Plagiarisme:  Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli. Naskah tidak boleh diserahkan secara bersamaan ke lebih dari satu publikasi kecuali editor telah setuju untuk publikasi bersama. Karya dan publikasi sebelumnya yang relevan, baik oleh peneliti lain maupun penulis sendiri, harus diakui dan dirujuk dengan benar. Literatur utama harus dikutip jika memungkinkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai.
  2. Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan:  Penulis pada umumnya tidak boleh menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Penulis juga diharapkan tidak menerbitkan manuskrip yang mubazir atau manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Beberapa publikasi yang muncul dari satu proyek penelitian harus diidentifikasi secara jelas dan publikasi utama harus dirujuk
  3. Pengakuan Sumber:  Penulis harus mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan. Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan.
  4. Kepengarangan Makalah:  Kepenulisan publikasi penelitian harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu terhadap pekerjaan dan pelaporannya. Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi studi yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Dalam kasus di mana kontributor utama terdaftar sebagai penulis sementara mereka yang memberikan kontribusi kurang substansial, atau murni teknis, untuk penelitian atau publikasi dicantumkan di bagian ucapan terima kasih. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai penulis bersama.
  5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:  Semua penulis harus dengan jelas mengungkapkan dalam manuskrip mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi manuskrip mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.
  6. Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan:  Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah.

Tugas Editor

  1. Keputusan Publikasi:  Berdasarkan laporan tinjauan dewan editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi naskah. Validasi pekerjaan tersebut dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau peninjau lain dalam membuat keputusan ini. Editor harus bertanggung jawab atas semua yang mereka terbitkan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitas materi yang mereka terbitkan dan menjaga integritas catatan yang diterbitkan.
  2. Tinjauan Naskah:  Editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses tinjauan sejawat mereka dalam informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian mana dari jurnal yang ditinjau sejawat. Editor harus menggunakan peer reviewer yang sesuai untuk makalah yang dipertimbangkan untuk diterbitkan dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari konflik kepentingan.
  3. Fair Play:  Editor harus memastikan bahwa setiap manuskrip yang diterima oleh jurnal ditinjau konten intelektualnya tanpa memandang jenis kelamin, jenis kelamin, ras, agama, kewarganegaraan, dll. dari penulis. Bagian penting dari tanggung jawab untuk membuat keputusan yang adil dan tidak memihak adalah menjunjung tinggi prinsip independensi dan integritas editorial. Editor berada dalam posisi yang kuat dalam membuat keputusan tentang publikasi, yang membuatnya sangat penting bahwa proses ini seadil dan tidak memihak.
  4. Kerahasiaan:  Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai naskah yang diserahkan oleh penulis dirahasiakan. Editor harus secara kritis menilai potensi pelanggaran perlindungan data dan kerahasiaan pasien. Ini termasuk memerlukan izin yang diinformasikan dengan benar untuk penelitian aktual yang disajikan, izin untuk publikasi jika berlaku.
  5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:  Editor Jurnal tidak akan menggunakan materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan untuk penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Editor tidak boleh terlibat dalam keputusan tentang makalah di mana mereka memiliki konflik kepentingan

Tugas Reviewer

  1. Kerahasiaan:  Informasi mengenai manuskrip yang diserahkan oleh penulis harus dirahasiakan dan diperlakukan sebagai informasi istimewa. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  2. Pengakuan Sumber: Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian. Peninjau harus mengidentifikasi karya terbitan yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau harus segera memberi tahu jurnal jika mereka menemukan penyimpangan, memiliki kekhawatiran tentang aspek etika pekerjaan, menyadari kesamaan substansial antara naskah dan penyerahan bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang diterbitkan, atau menduga bahwa kesalahan mungkin telah terjadi. selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah; Namun, resensi harus
  3. Standar Objektivitas:  Tinjauan naskah yang diserahkan harus dilakukan secara objektif dan peninjau harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung. Peninjau harus mengikuti instruksi jurnal tentang umpan balik spesifik yang diminta dari mereka dan kecuali ada alasan bagus untuk tidak melakukannya. Peninjau harus konstruktif dalam ulasan mereka dan memberikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Peninjau harus memperjelas penyelidikan tambahan yang disarankan yang penting untuk mendukung klaim yang dibuat dalam naskah yang sedang dipertimbangkan dan mana yang hanya akan memperkuat atau memperluas pekerjaan
  4. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:  Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui tinjauan sejawat harus dirahasiakan dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kerja sama, atau hubungan atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah. Dalam kasus tinjauan double-blind, jika mereka mencurigai identitas penulis, beri tahu jurnal jika pengetahuan ini menimbulkan potensi konflik kepentingan.
  5. Ketepatan:  Peninjau harus merespons dalam kerangka waktu yang masuk akal. Peninjau hanya setuju untuk meninjau naskah jika mereka cukup yakin bahwa mereka dapat mengembalikan ulasan dalam kerangka waktu yang diusulkan atau disepakati bersama, segera memberi tahu jurnal jika mereka memerlukan perpanjangan. Jika reviewer merasa tidak mungkin menyelesaikan review naskah dalam waktu yang ditentukan maka informasi ini harus dikomunikasikan kepada editor agar naskah dapat dikirim ke reviewer lain.

Plagiat

Penulis harus menyerahkan hanya karya asli yang tidak dijiplak dan belum dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan di tempat lain. Turnitin akan digunakan oleh tim redaksi untuk memeriksa kesamaan naskah yang dikirimkan dengan literatur yang ada.

Biaya Publikasi

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut.

Penyerahan Artikel: 0.00 (Rp)

Penulis tidak diharuskan membayar Biaya Penyerahan Artikel sebagai bagian dari proses penyerahan untuk berkontribusi dalam biaya review.

Publikasi Artikel : 400000.00 (Rp)


Jika naskah Anda diterima untuk diterbitkan, Anda akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutup biaya publikasi.

Sponsor

Ikatan Guru TK Islam Indonesia Program Studi

Sejarah Jurnal

NANAEKE : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia , adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Guru TK Islam Indonesia. Kami menerbitkan masalah penelitian pendidikan anak usia dini.

NANAEKE : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia menerima artikel penelitian dari akademisi, pendidik, guru, pelatih dan praktisi lainnya pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk dipublikasikan dalam makalah yang lebih berkualitas. Makalah untuk publikasi dalam jurnal ini dipilih melalui tinjauan sejawat yang tepat untuk memastikan kualitas, orisinalitas, kesesuaian, signifikansi, dan keterbacaan.