ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI BERBASIS BERMAIN MENYAMBUNG KATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepercayaan diri anak dengan menggunakan metode bermain menyambung kata pada Kelompok B TK Pembina 1 Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelompok B di TK Pembina 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampel jenuh, sebanyak 15 orang, 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Instrumen yang digunakan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi pretest adalah 26 dan posttest 50. Nilai terendah pretest adalah 20 dan posttest 45. Nilai rata-rata dari pretest 45,8 dan posttest 60,6. Kesimpulan bahwa metode menyambung kata dapat mengembangkan kepercayaan diri anak usia dini.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).