VALIDITAS PANDUAN PERMAINAN KONTEKSTUAL UNTUK ANAK USIA DINI
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan panduan permainan untuk anak usia dini yang valid. Penelitian ini dilakukan di kelompok B TK Buah Hati Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan.Pada penelitian ini akan dijelaskan secara rinci uji validasi isi dari panduan tersebut. Validasi isi dilakukan oleh dua orang professional Judgement.Validasi panduan permainan untuk anak usia dini di kelompok B dinyatakan valid pada aspek komponen dengan nilai 3,5, aspek format dengan nilai 3.2, aspek isi dengan nilai 3.4, aspek bahasa dan tulisan 4.0. Validasi panduan pembelajaran untuk anak usia dini dinyatakan sangat valid pada aspek ilustrasi, tata letak tabel dan diagram dengan nilai 2.9 dangan aspek manfaat buku dengan nilai 3.5. Untuk nilai rata-rata total kevalidan panduan permainan untuk anak usia dini di kelompok B = 3.46, sehingga panduan tersebut dapat dikatakan memenuhi kriteria kevalidan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah, M.I. (2004). Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain PSTPA. Bengkulu: Dharma wanita Bengkulu.
Anggraini, D. (2016). Eksplorasi Bermain Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning dengan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg dan Gall. (2003). Education Research. New York: Allyn and Bacon.
Depdiknas. (2004). Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Khabibah, S. (2006). Pembelajaran model Permainan Matematika Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Lasmiyati dan Harta, (2014). Pengembangan Panduan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 161-174.
Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPS UNESA.
Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sirate, S.F., dan Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Panduan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. [online]. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/234747211.pdf, [15 Agustus 2019].
Susilana & Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Wulandari, N.Y., (2018). Uji Validasi Isi Panduan Psikoedukasi Tutorial Membaca Permulaan Untuk Guru Sekolah Dasar. Insight, 20 (1), 42-50.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).