IMPLEMENTASI ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI E-LEARNING DI TK DUNIA ANAK SURABAYA
Abstrak
Pembelajaran daring merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi dengan bantuan internet atau jaringan computer. Asesmen termasuk bagian dari komponen pembelajaran yang sangat berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan anak usia dini, asesmen dilakukan untuk mengetahui keberhasilan anak dalam proses pembelajaran dalam mengembangkan kemamampuan serta pengetahuan guru dan anak didik. penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan asesmen serta teknik asesmen yang digunakan dalam asesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang dilakukan secara online dengan menggunakan bantuan aplikasi whatsapp dan mengamati video-video rekaman hasil pembelajaran daring. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik yang terdiri dari reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan asesmen perkembangan kognitif anak usia dini di TK Dunia Anak dilakukan secara rutin menggunakan cara asesmen harian, mingguan, bulanan, semesteran. (2) pelaksanaan asesmen perkembangan kognitif di TK Dunia Anak menggunakan teknik asesmen berupa observasi, penugasan (unjuk kerja) dan hasil karya. (3) hasil asesmen di TK Dunia Anak yang telah dilakukan kemudian guru menyusun laporan perkembangan untuk disampaikan kepada orang tua
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Damayanti, E., Hartika, A. S., Herawati, H., Lisna, L., Jannah, R., & Pratiwi, S. I. (2018). Manajemen penilaian pendidikan anak usia dini pada taman kanak-kanak Citra Samata Kabupaten Gowa. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6861
De Gomes, F. (2019). Analisis Kesulitan Guru PAUD dalam Menilai Aspek-aspek Perkembangan AUD di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(2), 293–305.
Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TK KHADIJAH AL-MUAYYADA SAMPANG). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 31–34. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–80.https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41–52. https://doi.org/10.37985/murham.v1i1.4
Nurlaili, N. (2018). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Khairin Medan Tembung. Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UINSU
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912.https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Suyadi, S. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-06
Yus, A. (2015). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Kencana.
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).