IMPLEMENTASI ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI E-LEARNING DI TK DUNIA ANAK SURABAYA

  • Imam Syafi’i UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Yulinda Widya Lestari UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi dengan bantuan internet atau jaringan computer. Asesmen termasuk bagian dari komponen pembelajaran yang sangat berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan anak usia dini, asesmen dilakukan untuk mengetahui keberhasilan anak dalam proses pembelajaran dalam mengembangkan kemamampuan serta pengetahuan guru dan anak didik. penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan asesmen serta teknik asesmen yang digunakan dalam asesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang dilakukan secara online dengan menggunakan bantuan aplikasi whatsapp dan mengamati video-video rekaman hasil pembelajaran daring. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik yang terdiri dari reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan asesmen perkembangan kognitif anak usia dini di TK Dunia Anak dilakukan secara rutin menggunakan cara asesmen harian, mingguan, bulanan, semesteran. (2) pelaksanaan asesmen perkembangan kognitif di TK Dunia Anak menggunakan teknik asesmen berupa observasi, penugasan (unjuk kerja) dan hasil karya.  (3) hasil asesmen di TK Dunia Anak yang telah dilakukan kemudian guru menyusun laporan perkembangan untuk disampaikan kepada orang tua

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Damayanti, E., Hartika, A. S., Herawati, H., Lisna, L., Jannah, R., & Pratiwi, S. I. (2018). Manajemen penilaian pendidikan anak usia dini pada taman kanak-kanak Citra Samata Kabupaten Gowa. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6861

De Gomes, F. (2019). Analisis Kesulitan Guru PAUD dalam Menilai Aspek-aspek Perkembangan AUD di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(2), 293–305.

Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TK KHADIJAH AL-MUAYYADA SAMPANG). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 31–34. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–80.https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41–52. https://doi.org/10.37985/murham.v1i1.4

Nurlaili, N. (2018). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Khairin Medan Tembung. Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UINSU

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912.https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suyadi, S. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-06

Yus, A. (2015). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Kencana.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111.

Diterbitkan
2021-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 854 times