PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ismawati Ismawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Herawati Herawati Universitas Islam Negeri Makassar
  • Suci Ramadani Universitas Islam Negeri Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian pada aspek perkembangan anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional pendidikan anak usia dini (PAUD) dan memberikan stimulus awal terhadap hambatan yang dialami anak dalam indikator pencapaian pada aspek perkembanagan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan beberapa rangkaian pemberian stimulus untuk mendukung anak dalam memunculkan respon terhadap indikator pencapaian perkembangan yang hendak dicapai mulai dari aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, hingga pada aspek perkembangan seni. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek IJ, RA dan SY sudah mampu melakukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa aspek perkembangan anak usia dini. Implikasi penelitian ini hendaknya diberikan stimulus secara simultan pada indikator yang belum tercapai. Pola asuh dan pemberian stimulus dari keluarga dan lingkungan sekitar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Referensi

Ananda, Rizki. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1. No.1. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Hulukati, Wenny. (2015). Peran Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal MUSAWA. Vol. 7 No. 2

Indrijati, Herdina. (2016). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta. Kencana

Islamiyah, Dina. (2018). Upaya Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelompok B TK Pertiwi 3 Pulutan Nogosari Boyolali. Skripsi Surakarta. Institut Afama Islam Negeri Surakarta

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. Perdana Publishing.

Khaironi, Mulianah. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol. 1. No.1. Universitas Hamzanwadi

Rachmawati, Yeni dan Kurniati Euis. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Kencana

Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Cimanggis, Depok. Kencana

Sucita. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal STAIN Kudus. Vol. 5. No. 2.

Suharmini, Tin, Fatimaningrum Arumi Savitri, Mahabbati, Aini. (2009). Pelatihan Karakteristik dan Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Kader Posyandu Plus. Jurnal INOTEK Inovasi dan Aplikasi Teknologi. Vol. 13. No. 2

Supartini, Yupi. (2004). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana

Diterbitkan
2019-06-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 8993 times