PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian pada aspek perkembangan anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional pendidikan anak usia dini (PAUD) dan memberikan stimulus awal terhadap hambatan yang dialami anak dalam indikator pencapaian pada aspek perkembanagan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan beberapa rangkaian pemberian stimulus untuk mendukung anak dalam memunculkan respon terhadap indikator pencapaian perkembangan yang hendak dicapai mulai dari aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, hingga pada aspek perkembangan seni. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek IJ, RA dan SY sudah mampu melakukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa aspek perkembangan anak usia dini. Implikasi penelitian ini hendaknya diberikan stimulus secara simultan pada indikator yang belum tercapai. Pola asuh dan pemberian stimulus dari keluarga dan lingkungan sekitar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ananda, Rizki. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1. No.1. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Hulukati, Wenny. (2015). Peran Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal MUSAWA. Vol. 7 No. 2
Indrijati, Herdina. (2016). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta. Kencana
Islamiyah, Dina. (2018). Upaya Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelompok B TK Pertiwi 3 Pulutan Nogosari Boyolali. Skripsi Surakarta. Institut Afama Islam Negeri Surakarta
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. Perdana Publishing.
Khaironi, Mulianah. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol. 1. No.1. Universitas Hamzanwadi
Rachmawati, Yeni dan Kurniati Euis. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Kencana
Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Cimanggis, Depok. Kencana
Sucita. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal STAIN Kudus. Vol. 5. No. 2.
Suharmini, Tin, Fatimaningrum Arumi Savitri, Mahabbati, Aini. (2009). Pelatihan Karakteristik dan Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Kader Posyandu Plus. Jurnal INOTEK Inovasi dan Aplikasi Teknologi. Vol. 13. No. 2
Supartini, Yupi. (2004). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).