PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ERA NEW NORMAL DI KABUPATEN PATI
Abstrak
Pendidikan anak usia dini termasuk sektor yang terdampak pandemi covid-19 secara serius khususnya di wilayah Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seperti apa praktek pembelajaran anak usia dini yang ada di Kabupaten Pati selama era new normal. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil survey menunjukkan bahwa pembelajaran PAUD dibagi menjadi 2. Bagi Lembaga yang di bawah naungan Dinas Pendidikan masih full daring, sedangkan yang di bawah naungan Kementerian Agama, sudah mulai tatap muka terbatas, seperti kelas kunjung, shift pembelajaran, dan lain sebagainya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aan, S. d. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Arif S.Sadiman, d. (2014). Media pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual, Konsep & Aplikasi. Bandung: PT Rafika Aditama.
Montessori, M. (2017). The Absorbent Mind, terj.Daryanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
SaifuddinAzwar. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samino. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tatminingsih, S. (2010). Hakikat Anak Usia Dini. Modul Pembelajaran.
Warsita, B. (2011). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widyawati. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19. Educhild, Vol. 2 No. 1, 29.
Yovita, A. ( 2020). Lebih dari 849 Juta Siswa di Dunia Belajar di Rumah. Jakarta: Kompas.id.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).