PESERTA DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Ratika Nengsi Universitas Muslim Indonesia Makassar
    (ID)
  • Hasmiati Hasmiati Institute Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
    (ID)
  • Sudirman P Institute Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
    (ID)

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan posisi peserta didik di Taman Kanak-kanan sebagai faktor determinan dalam pendidikan dan sikap peserta didik selama pandemi Covid-19. Artikel ini disusun berdasarkan penelitian pustaka (library research) dengan pengumpulan data menggunakan data dokumentasi yang berasal dari buku-buku atau jurnal atau terbitan-terbitan terdahulu yang relevan dalam fokus kajian. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan posisi peserta didik tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sangat penting karena pada tahap ini merupakan pondasi awal dalam membentuk karakter dan pengetahuan awal peserta didik secara formal dimana tuntutan pendidikan difokuskan pada aspek pengembangan: (1) nilai agama dan moral; (2) fisik dan motorik; (3) kognitif; (4) bahasa; (5) sosial dan emosi; (6) seni. Temuan dari penelitian ini merekomendasikan kepada pendidik untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning) selama pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19 agar peserta didik di Taman Kanak-kanan dapat maksimal aspek perkembangannya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdul, Kadir, Endri Yulianto, dan Ahmad Fauzy. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Karisma Putra Utama, 2014.

Abrizah. “Pembelajaran Daring Dan Karakter Siswa.” Artikel Guru. Last modified 2021. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/pembelajaran-daring-dan-karakter-siswa/.

Alismail, H. A., dan P. McGuire. “21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice.” Journal of Education and Practice 6, no. 6 (2015).

Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metode Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Perss, 2002.

Budiningsih, A. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Danim, Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik. Badung: Alfabeta, 2013.

Darmadi, H. Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Bogor: Guepedia, 2018.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Duraku, Z. H., dan L. Hoxha. The Impact of COVID-19 on Higher Education: A Study of Interaction among Students’ Mental Health, Attitudes toward Online Learning, Study Skills, and Changes in Students’ Life. University of Prishtina “Hasan Prishtina”: Faculty of Philosophy, Department of Psychology, 2020.

Fisher, Alec. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga, 2009.

Fuadi. “Peran Akal Menurut Pandangan Al-Ghazali”. Jurnal Substantia, 15(1), (April 2013): 81-90

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2005.

Harjanto. Perencenaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Johnson, Elaine B. Contextual Teaching And Learning. Terjemahan. Bandung: MLC, 2009.

Kadir Abdul, Endri Yulianto, dan Ahmad Fauzy. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Karisma Putra Utama, 2014.

Kapasia, N., P. Paul, A. Roy, J. Saha, A. Zaveri, R. Mallick, B. Barman, P. Das, dan P Chouhan. “Impact of Lockdown on Learning Status of Undergraduate and Postgraduate Students during COVID-19 Pandemic in West Bengal, India.” Journal Pre-Proofs : Children and Youth Services Review (2020).

Kompasiana. “Penerapan 4C’s Dalam Pembelajaran.” Kompasiana.Com. Last modified 2019. https://www.kompasiana.com/poltakbutarbutar8687/5d3fc21a0d8230196b30d912/penerapan-4-c-s-dalam-pembelajaran?page=all.

Layyinah, L. “Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI.” Tarbawy 4, no. 1 (2017): 1–9.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers, 2005.

Muhammad, Idrus. Dimensi Anak. JPI. Fakultas tarbiyah UII. Vol 3 tahnun, 1997.

Muhtadi, Asep Saeful. Komunikasi Dakwah Teori Pendekatan Dan Aplikasinya. Badung: Simbiosa Rekatama Media, 2012.

Mutahhari, Murthada. Konsep Pendidikan Islami. Jakarta: Iqra Kurnia Gemilang, 2005.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2014.

Paulson, Lawrence C. “Computational Logic: Its Origins and Applications.” Procedings of The Royal Society (2018).

Purwanto, A., R. Pramono, M. Asbari, P. B. Santoso, L. M. Wijayanti, C. C. Hyun, and R. S. Puri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020): 1–12.

Rahmawati, Yeni dan Kurniati, Euis. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana, 2010.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Saifuddin. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis Dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Septikasari, Resti, and Rendy Nugraha Frasandy. “Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad VIII, no. 02 (2018): 112–122.

Siregar, P. S., and R. G. Hatika. Ayo Latihan Mengajar: Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching Dan Microteaching). Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Sudjana, Nana. Penialain Hasil Proses Belajar Mengajar. Badung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Sutarno. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.

Susanto. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Trilling, B., and C. Fadel. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. USA: JosseyBass Wiley, 2009.

Trinova, Z. “Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik.” Jurnal Al-Ta’lim 1, no. 3 (2012): 209–215.

Umar, L. M., and M. Nursalim. “Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar (SD).” Jurnal BK UNESA 11, no. 4 (2020): 599–609.

Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Van, Tiel Julia Maria. Pendidikan Anakku Terlambat Bicara. Jakarta: Perdana, 2011.

Warsono, and Hariyanto. Pembelajaran Aktif: Teori Dan Asesmen. Badung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Yayuk, E., D. W. Ekowati, B. I. Suwandayani, and B. Ulum. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.

Zaini, Hasyim. Desain Pembelajaran Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTDS Sunan kalijaga, 2002.

Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 269 times