EFEKTIVITAS PENDIDIKAN ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN MORAL ANAK USIA DINI
Abstrak
Pendidikan merupakan hal yang penting. Penyelenggaraan pendidikan yang paling pertama dan utama adalah pendidikan yang diberikan oleh keluarga, karena keluarga merupakan lingkungan terdekat bagi anak, dan di lingkungan keluargalah anak banyak menghabiskan waktunya daripada di lingkungan sekolah. Pendidikan yang diberikan pada anak tidak hanya tentang penguasaan dan pengetahuan, tetapi juga mencakup tentang pendidikan moralnya. Pembentukan moral pada anak usia dini di mulai dari lingkungan terdekatnya, yaitu lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang sangat penting, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendidikan anak di lingkungan keluarga dalam pembentukan moral anak usia dini, tentang bagaimana orang tua membentuk moral pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan wawancara. Dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan keluarga mempunyai pengaruh yang besar terhadap nilai-nilai moral yang dimiliki oleh anak. Lingkungan keluarga yang baik akan menghasilkan anak yang baik, begitupula sebaliknya lingkungan yang kurang baik hasilnya tidak akan baik. Selain itu, dalam pembentukkan moral pada anak usia dini merupakan pondasi awal untuk perkembangan selanjutnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).