KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

  • Saudah Saudah IAIN Palangka Raya
    (ID)
  • Sri Hidayati IAIN Palangka Raya
    (ID)
  • Resti Emilia IAIN Palangka Raya
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi orang tua dan guru membangun kemandirian anak usia dini di masa pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi non-partisipan, wawancara terstruktur kepada 1 orang guru, 5 orang tua da 5 orang anak di TK Al-Firdaus Palangka Raya yang dijadikan sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi orang tua dan guru membangun kemandirian anak melalui aktivitas yang dilakukan anak setiap hari baik di rumah atau di sekolah. Adapun ruang lingkup aktivitas dalam membangun kemandirian anak diantaranya. Pertama, aktivitas fisik yaitu membiasakan anak beraktivitas secara mandiri, contoh: menggosok gigi, makan dan menggunakan baju. Kedua, menumbuhkan rasa kepercayaan diri seperti: mengajarkan anak untuk mengungkapkan keinginannya. Ketiga, membangun rasa tanggung jawab seperti: melatih anak menyelesaikan tugas sekolah. Keempat, membiasakan bersikap disiplin seperti: membiasakan anak disiplin datang ke sekolah dan. Kelima, bersosial, dengan memberikan kesempatan kepada anak berinteraksi dengan temannya. Enam, mengendalikan emosi, dengan mengajarkan anak sabar ketika keinginannya belum terpenuhi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Saudah, M.Pd.I sebagai Ketua Program Studi sekaligus dosen tetap pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya (saudah@iain_palangkaraya.ac.id)

Sri Hidayati, M.A,  sebagai dosen tetap pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya ([email protected])

Resti Emilia,  sebagai mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya ([email protected])

##submission.authorWithAffiliation##

Sri Hidayati sebagai dosen tetap program studi pendidikan islam Anak Usia Dini Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

##submission.authorWithAffiliation##

Resti Emilia Sebagai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, ([email protected])

 

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 371 times