Analisis Metode Pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dalam Pendidikan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini: Analisis Jurnal Sinta 2-5
Abstrak
Abdullah Nasih Ulwan banyak membahas terkait metode yang dilakukan dalam pendidikan moral dan agama pada anak usia dini yang diterapkan oleh orang tua maupun pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pendidikan Abdullah Nasih Ulwan tentang pendidikan nilai agama dan moral anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi yaitu mencari data dalam bentuk artikel dalam jurnal sinta 2 sampai sinta 6 sebanyak 15 artikel terkait metode pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dalam agama dan moral. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrument kunci. Analisis isi digunakan sebagai teknik analisis dalam penelitian. Temuan dari penelitian ini adalah ada 5 metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan moral agama anak oleh Abdullah Nashih Ulwani, diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan pengawasan, serta metode hukuman. Metode tersebut dapat diterapkan dengan baik dalam pendidikan moral anak sebagai langkah awal mempersiapkan anak menjadi orang yang berguna dalam kehidupan kelak.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).