Analisis Metode Pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dalam Pendidikan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini: Analisis Jurnal Sinta 2-5

  • Amalia Rabiatul Adwiah UIN Sunan Kalijaga
    (ID)
  • Rosi Tunas Karomah UIN Sunan Kalijaga
    (ID)
  • Siti Juleha UIN Sunan Kalijaga
    (ID)
Kata Kunci: Metode Pendidikan, Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Nilai Agama, Pendidikan Moral

Abstrak

Abdullah Nasih Ulwan banyak membahas terkait metode yang dilakukan dalam pendidikan moral dan agama pada anak usia dini yang diterapkan oleh orang tua maupun pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pendidikan Abdullah Nasih Ulwan tentang pendidikan nilai agama dan moral anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi yaitu mencari data dalam bentuk artikel dalam jurnal sinta 2 sampai sinta 6 sebanyak 15 artikel terkait metode pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dalam agama dan moral. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrument kunci. Analisis isi digunakan sebagai teknik analisis dalam penelitian. Temuan dari penelitian ini adalah ada 5 metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan moral agama anak oleh Abdullah Nashih Ulwani, diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan pengawasan, serta metode hukuman. Metode tersebut dapat diterapkan dengan baik dalam pendidikan moral anak sebagai langkah awal mempersiapkan anak menjadi orang yang berguna dalam kehidupan kelak.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-06-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 174 times