Mewujudkan Lingkungan Belajar Aman Pada Satuan PAUD Perspektif “Seri 6 PAUD Berkualitas (KEMENDIKBUDRISTEK)”
Abstrak
Lingkungan sekolah merupakan hal utama dalam pembelajaran anak secara langsung. Dalam mengembangkan potensi pada anak usia dini di sekolah desain lingkungan harus mengutamakan keamanan, kenyamanan dan menyenangkan. Kemendikbudristek mempunyai panduan PAUD Berkualitas tentang lingkungan belajar aman bagi anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui indikator dan cara mewujudkan lingkungan aman pada satuan PAUD. Metode dalam penelitian menggunakan studi pustaka yaitu sumber data yang diperoleh berasal dari buku, artikel, publikasi ilmiah yang berkaitan dengan lingkungan belajar aman di PAUD. Indikator dalam lingkungan belajar aman pada satuan PAUD, yaitu keamanan bangunan, keamanan lingkungan, tersedianya fasilitas P3K dan kebijakan satuan tentang anti kekerasan. Bangunan aman harus memenuhi standar kokoh dan stabil serta keamanan lingkungan harus memperhatiakan keamanan anak mualai masuk sekolah, saat pembelajaran dan pulang sekolah. Tersedianya fasilitas P3K pada satuan PAUD bertujuan sebagai antisipasi dan pemberian pertolongan pertama pada anak yang mengalami kecelakaan atau sakit di sekolah. Kebijakan satuan anti kekerasan pada PAUD melalui tiga upaya, yaitu upaya penyadaran, pencegahan dan penanganan. Maka dari itu satuan PAUD harus memperhatikan indikator dalam mewujudkan lingkungan aman bagi anak usia dini agar perkembangan terstimulasi secara optimal.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).