Mewujudkan Lingkungan Belajar Aman Pada Satuan PAUD Perspektif “Seri 6 PAUD Berkualitas (KEMENDIKBUDRISTEK)”

  • Aina Yulifaatun Mufida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Hibana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstrak

Lingkungan sekolah merupakan hal utama dalam pembelajaran anak secara langsung. Dalam mengembangkan potensi pada anak usia dini di sekolah desain lingkungan harus mengutamakan keamanan, kenyamanan dan menyenangkan. Kemendikbudristek mempunyai panduan PAUD Berkualitas tentang lingkungan belajar aman bagi anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui indikator dan cara mewujudkan lingkungan aman pada satuan PAUD. Metode dalam penelitian menggunakan studi pustaka yaitu sumber data yang diperoleh berasal dari buku, artikel, publikasi ilmiah yang berkaitan dengan lingkungan belajar aman di PAUD. Indikator dalam lingkungan belajar aman pada satuan PAUD, yaitu keamanan bangunan, keamanan lingkungan, tersedianya fasilitas P3K dan kebijakan satuan tentang anti kekerasan. Bangunan aman harus memenuhi standar kokoh dan stabil serta keamanan lingkungan harus memperhatiakan keamanan anak mualai masuk sekolah, saat pembelajaran dan pulang sekolah. Tersedianya fasilitas P3K pada satuan PAUD bertujuan sebagai antisipasi dan pemberian pertolongan pertama pada anak yang mengalami kecelakaan atau sakit di sekolah. Kebijakan satuan anti kekerasan pada PAUD melalui tiga upaya, yaitu upaya penyadaran, pencegahan dan penanganan. Maka dari itu  satuan PAUD harus memperhatikan indikator dalam mewujudkan lingkungan aman bagi anak usia dini agar perkembangan terstimulasi secara optimal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-12-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 84 times