Strategi Guru dalam Menangani Anak Speech Delay di RA Gerhana Alauddin

  • Nur Raoda Sari Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Syamsuardi Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Fitriani Dzulfadhilah Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Angri Lismayani Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Keterlambatan Berbicara, Strategi Pembelajaran

Abstrak

Pendidikan pada anak usia dini diberikan sebagai pembinaan dan pemberian rangsangan, sehingga anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapannya. Salah satu hal terpenting dalam perkembangan anak adalah perkembangan bahasa. Keterlambatan berbicara adalah kondisi di mana seorang anak tidak mengembangkan kemampuan berbicara sesuai dengan usianya yang umumnya terjadi pada anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh guru dalam menangani anak speech delay di RA Gerhana Alauddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan anak didik yang mengalami speech delay. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di RA Gerhana Alauddin guru menerapkan beberapa strategi dalam menangani anak speech delay yaitu (1) memperbaiki kesalahan pengucapan, (2) mendorong anak-anak untuk bercerita, (3) menyediakan bantuan visual seperti buku mewarnai, dan (4) membacakan dogeng. Dengan strategi ini anak menunjukkan peningkatan dalam pengejaan kata, menyatakan keinginan mereka secara verbal, dan merespons tanpa menggunakan bahasa non-verbal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-06-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 126 times