Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun

  • Inayah Kencanawati Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yusri Bachtiar Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Herman Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Angri Lismayani Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Berpikir Simbolik

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Raudhatul Jannah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok B usia 5-6 tahun dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik dengan menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test versi 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak yang diberi perlakuan menggunakan media berbasis augmented reality pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan pada kelompok eksperimen sebesar 25,00 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 19,00. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Raudhatul Jannah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49.

Alfitriani, N., Maula, A. ., & Hadiapurwa, A. (2021). Jurnal Penelitian Pendidikan Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian, 2(2).

Asti, A. S. W., & H, H. (2020). Pengaruh Video Media Dongeng Terhadap Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mentari. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02, 1–12.

Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Tema Binatang Purba Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun. JEA: Jurnal Edukasi AUD, 9(2). https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.9326

Bachtiar, M. Y., Herlina, & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK, 6(4), 2802–2812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013

Bachtiar, M. Y., Surya, Herlina, & Syamsuardi. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle dari Daur Ulang terhadap Perkembangan Kognitif Anak di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 43–53.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183.

Nur, N. R., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Buku Interaktif ARBO Berbasis Augmented Reality Dalam Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Parwoto. (2015). Model Pengembangan Kognitif Berbasis Komputer Dengan Penerapan Pendekatan Reggio Emilia Pada Anak Taman Kanak- Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Copyright © 2015 JEST Journal of EST , Volume 1 , Nomor 1 Juni 2015 hal 64-73 ISSN : 2460-1497. Journal of EST, 1.

Pratiwi, E., Yuandana, T., & Khosiyana, N. (2023). Dongeng “ Dunia Mangrove ” Berbasis Augmented Reality untuk Melestarikan Objek Wisata Pesisir bagi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 10, 84–97.

Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(4).

Ritonga, R. S., Syahputra, Z., Arifin, D., Sari, I. M., Sistem, P., Universitas, K., … Budi, P. (2022). Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(April).

Rozalena, & Muhammad Kristiawan. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini., 2(1), 76–86.

Safitri, L., Adjie, N., & Dewi, F. (n.d.). ( Penelitian Kuantitatif Yang Menggunakan Single Subjek Research Dilakukan Pada Anak Usia 4-5 tahun di Kabupaten Cirebon ) Pendahuluan Kajian Teori. Repository Upi.

Sakdiah, H., & Mahyuddin, N. (2022). Identifikasi Perkembangan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini dalam Masa Pandemi. Aulad : Journal on Early Childhood, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.294

Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Jurnal Untirta, 2(1), 470–477.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1939

Wardani, E. K., & Suryana, D. (2022). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(3), 1790–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1857

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran. Repository UIN Alauddin, 1–21.

Yogaswara, M., Novendra, A. M., Almujab, S., & Ramafriza, Y. (2019). Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, V, 224–240.

Yulianti, & Andrisyah. (2023). Maze Angka : Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 577–585.

Diterbitkan
2024-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 15 times