MENGADOPSI KONSER MUSIK DALAM TRADISI TASAWUF KE DUNIA PENDIDIKAN FORMAL

  • Salahuddin Salahuddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas beberapa perbedaan pandangan antar kalangan tasawuf mengenai kebolehan sama’ (musik) dalam Islam serta pentingnya sama’ diimplementasikan dalam dunia pendidikan formal khususnya Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa jurnal, buku dan dokumen-dokumen serta sumber data dan informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Hasil penelitian menunjukkan meski terdapat perbedaan pandangan di kalangan sufi tentang kebolehan sama' (musik) dalam Islam namun, tak dapat dipungkiri bahwa samá diakui memiliki pengaruh positif dan pengalaman spiritual bagi penganutnya, serta sudah selayaknya musik dapat dikembangkan sebagai sarana untuk menunjang dalam bidang pendidikan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Alauddin Makassar

Referensi

Abidin, Z. (2008). Musik dalam tradisi tasawuf: studi Sama’dalam Tarekat Mawlawiyah.

al-Dunya, A. A. ibn M. I. A., الدين،, ا. ا. ب. م. م., محمد،, ا. ا. ا. ع. ا. ب., al-Ghazzali, A. ibn M., & Robson, J. (1938). Tracts on Listening to Music: Being: Dhamm Al-Malahi, by Ibn Abi’L-Dunya, and Bawariq Al-Ilma’, by Majd Al-Din Al-Tusi Al-Ghazali. Printed and published under the patronage of the Royal Asiatic Society.

Amstrong, A. (1955). Sufi Terminology, The Mystical Language of Islam. Malaysia: A.S. Noordeen.

Aziz, M. A. (2009). Hadis-hadis tentang Seni Musik (Kajian Ma’anil Hadis). Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga.

Barks, C. (2014). Rumi: The book of love. HarperCollins e-books.

Chishti, M. T. J., & Khan, A. Z. (2015). Approach of The Early Sufis From 10th Century to 12th Century Towards" SAMA". Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5), 286.

Dewi, M. P. (2009). Studi Metaanalisis: Musik untuk menurunkan stres. Jurnal Psikologi, 36(2), 106–115.

Farmer, H. G. (1926). The Influence of Music from Arabic Sources. Taylor & Francis.

Farmer, H. G. (1941). Music: The Priceless Jewel (Concluded from p. 30). The Journal of the Royal Asiatic Society of Great Britain and Ireland, 127–144.

Frishkopf, M. (2012). Sufi Music: The Rough Guide to Sufi Music. Asian Music, 43(1), 148–155.

Ghanai, K. (2018). The Sound of Silence: An Ethnography on the Sama’Ritual in the Nematollahi Kaneqah in Toronto.

Hidayat, A. (2017). Musik Sufistik Perspektif Seyyed Hossein Nasr.

Kirmayer, L. J. (2004). The cultural diversity of healing: meaning, metaphor and mechanism. British Medical Bulletin, 69(1), 33–48.

Milani, M. (2013). 9 The subtle body in Sufism. Religion and the Subtle Body in Asia and the West: Between Mind and Body, 8, 168.

Moore, S. F., & Schnebly-Black, J. (2003). The rhythm inside: Connecting body, mind, and spirit through music. Alfred Music Publishing.

Muttaqin, A. (2011). Praktik dzikir sufi tarekat maulawiyyah dalam perspektif hukum Islam.

Nurbakhsh, J., & جواد, ن. (1976). Sama in Sufism. Khaniqahi Nimatullahi.

Nuruddin, S. (2014). Pemikiran Tasawuf Hazrat Inayat Khan (Relasi Tasawuf dan Mistisisme Universal dalam Sepuluh Prinsip Dasar Tasawuf). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 9(2), 1–17.

Okuyucu, C. (2007). Rumi. Tughra Books.

Papan-Matin, F. (2009). Chapter Six. Sama’. In Beyond Death (pp. 191–210). BRILL.

Ramey, S. W. (2008). Debating Institutions. In Hindu, Sufi, or Sikh (pp. 41–72). Springer.

Ridwan, R. (2017). Pembelajaran Seni Musik Tematik sebagai Omplementasi Kurikulum 2013.Ritme, 2(2), 18–28.

ŞAHİN, N. (2016). Contestations, Conflicts and Music-Power: Mevlevi Sufism In The 21st Century Turkey. Middle East Technical University.

Satyadarma, M. (2004). Cerdas dengan musik. Niaga Swadaya.

Schimmel, A. (2001). The role of music in islamic mysticism. Sufism, Music and Society in Turkey and the Middle East, 9–17.

Sheppard, P. (2007). Music makes your child smarter: peran musik dalam perkembangan anak. Gramedia Pustaka Utama.

Sonneborn, D. A. (2010). Sufi Soul: The Mystic Music of Islam. Yearbook for Traditional Music, 42, 238.

Swanwick, K., & Pummeridge, C. (2003). Music. In Rethinking the School Curriculum (pp. 138–147). Routledge.

Diterbitkan
2019-06-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 713 times