MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA BRIGHT STAR MAKASSAR SCHOOL DI KOTA MAKASSAR

  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Mujahidah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurafia Nurafia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Hayati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suci Amalia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Ardianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah Bright Star Makassar School. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu salah satu admin yang ada di  Bright Star Makassar School. Kota Makassar. Data dikumpulkan menggunakan wawancara terstruktur yang hasilnya diolah menggunakan teknik analisis data model interaktif, dimana analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  di Bright Star Makassar School sarana dan prasarananya sudah memadai dan telah memenuhi standar sarana dan prasarana menurut PERMENDIKBUD NO.137 Tahun 2014. Adapun sarana dan prasarana yang terdapat di Bright Star Makassar School antara lain yaitu: sarana dan prasarana indoor seperti mobil-mobilan,alat masak-memasak,bongkar pasang,CCTV, AC,dll. Untuk sarana dan prasarana outdoor terdiri dari: seluncuran,sepeda,kolam pasir,kolam renang,dll. Selain dari pada itu, sarana dan prasarana di Bright Star Makassar School terdapat ruang guru,ruang kelas,ruang kepala sekolah,ruang tunggu orang tua dan wc/toilet. Namun pada saat penelitian dilakukan, Bright Star Makassar School sedang melakukan renovasi gedung sehingga penggunaan sarana dan prasarana di Bright Star Makassar School belum difungsikan secara maksimal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Referensi

Ahmad, Muslih, dkk. (2018). Analisis Kebijakan PAUD Mengungkap Isu - Isu Menarik Seputar PAUD. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.

Ellong, T. D. (N.D.). (Tanpa Tahun). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Iqra .Volume 11 Nomor 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (PTIK) IAIN Manado. Diakses Pada Tanggal 1 Desember 2018

Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di TK Al - Firdaus . Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini . Volume 2 Nomor 2.

Bancin, A., & Lubis, W. (2017). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam). EducanduM. Volume X Nomor 1: 62-69

Pelagia Rodah, M. A. (N.D.). (Tanpa Tahun). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak - Kanak.

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Al - Hikmah Jurnal Studi Keislaman . Volume 6 Nomor 1.

Suryani. (2017). manajemen sarana prasarana dan prestasi belajar peserta didik. al - Idarah : Jurnal Kependidikan Islam . Volume 7 Nomor 2: 158 - 159.

Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 561 times