IMPLEMENTASI PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA PALOPO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni melakukan penelitian langsung kelapangan dengan obyek penelitian Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo menggunakan pendekatan kearifan lokal dalam menerapkan kurikulum terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Teknik yang digunakan dalam mengambil data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengukuran kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo meliputi Rencana Kegiatan Semester, Rencana Kegiatan Mingguan dan Rencana Kegiatan Harian dan Evaluasi sebagai tahap akhir dalam penilaian hasil belajar anak didik dan alokasi waktu yang digunakan dalam 2 Semester selama 34 minggu merupakan program tahunan diuraikan dalam Tema Diriku, Keluargaku, Lingkungan, Binatang, Tanaman, Kendaraan, Alam Semesta, Negaraku dijabarkan ke dalam berbagai sub tema dalam berbagai lingkungan perkembangan anak meliputi aspek nilai agama dan moral, aspek sosial emosional, aspek kognitif, aspek bahasa dan aspek seni terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan melalui pendekatan kearifan lokal dalam menanamkan nilai-nilai akidah, ibadah, akhlak dan muamalah pada diri anak sejak usia dini.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Gani, A. dkk. (1990). Wasiat-Wasiat dan Lontara Bugis. Jakarta: Depdikbud.
Asmani, J.M. (2011). Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Daradjat, Z., dkk. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Edisi Kedua, Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.
Haddade, M.N. (1986). Ungkapan Pribahasa dan Paseng. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik, O. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kementerian Agama RI., (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Dirjen Urusan Agama Islam dan Keluarga Sakinah.
Muflihin, M.H. (2015). Administrasi Pendidikan. Klaten: Gema Nusa.
PP. Aisyiyah Majelis Dikdasmen (2012). Kurikulum, Pedoman dan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Aisyiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah
Sutrisno. (2015). Revolusi Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Tarazi, N. (2003). The Child In Islam,: a Muslim Parent’s Handbook, terj. Nawang Sri Wahyuningsih, Wahai Ibu Kenali Anakmu: Pegangan Orang tua Muslim Mendidik Anak. Bandung: Mitra Pustaka.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak/RA & Anak Kelas Awal SD/MI (edisi pertama). Jakarta: Kencana.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).