IMPLEMENTASI PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA PALOPO

  • Duriani Duriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni melakukan penelitian langsung kelapangan dengan obyek penelitian Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo menggunakan pendekatan kearifan lokal dalam menerapkan kurikulum terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Teknik yang digunakan dalam mengambil data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengukuran kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo meliputi Rencana Kegiatan Semester, Rencana Kegiatan Mingguan dan Rencana Kegiatan Harian dan Evaluasi sebagai tahap akhir dalam penilaian hasil belajar anak didik dan alokasi waktu  yang digunakan dalam 2 Semester selama 34 minggu merupakan program tahunan diuraikan dalam Tema Diriku, Keluargaku, Lingkungan, Binatang, Tanaman, Kendaraan, Alam Semesta, Negaraku dijabarkan ke dalam berbagai sub tema dalam berbagai lingkungan perkembangan anak meliputi aspek nilai agama dan moral, aspek sosial emosional, aspek  kognitif, aspek bahasa dan aspek seni terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan melalui pendekatan kearifan lokal dalam menanamkan nilai-nilai akidah, ibadah, akhlak dan muamalah pada diri anak sejak usia dini.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Pascasarjana Doktor Pendidikan dan Keguruan

Referensi

Gani, A. dkk. (1990). Wasiat-Wasiat dan Lontara Bugis. Jakarta: Depdikbud.

Asmani, J.M. (2011). Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Daradjat, Z., dkk. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Edisi Kedua, Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Haddade, M.N. (1986). Ungkapan Pribahasa dan Paseng. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, O. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Agama RI., (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Dirjen Urusan Agama Islam dan Keluarga Sakinah.

Muflihin, M.H. (2015). Administrasi Pendidikan. Klaten: Gema Nusa.

PP. Aisyiyah Majelis Dikdasmen (2012). Kurikulum, Pedoman dan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Aisyiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah

Sutrisno. (2015). Revolusi Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tarazi, N. (2003). The Child In Islam,: a Muslim Parent’s Handbook, terj. Nawang Sri Wahyuningsih, Wahai Ibu Kenali Anakmu: Pegangan Orang tua Muslim Mendidik Anak. Bandung: Mitra Pustaka.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak/RA & Anak Kelas Awal SD/MI (edisi pertama). Jakarta: Kencana.

Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 476 times