Pengembangan Modul Berbasis Literasi Sains Dengan Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Keanekaragaman Hayati Sma Kelas X
Abstract
Pembaharuan dalam pendidikan tidak sebatas pada pembaharuan kurikulum, dan mutu pendidik. Peningkatan kualitas bahan ajar juga perlu diperhatikan. Bahan ajar menjadi salah satu sumber belajar yang dibutuhkan dalam interaksi belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Tanpa disadari bahwa salah satu fakttor penentu dalam peningkatan kualitas pembelajaran ialah dengan meningkatkan kualitas sumber belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa modul biologi berbasis lterasi sains dengan terintegrasi nilai-nilai ke-Islaman yang layak digunakan sebagai bahan ajar kelas X SMA/MA materi keanekaragaman hayati, sehingga mampu mengatasi permasahan yang ada dan memenuhi kebutuhan dalam mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model 4-D, terdapat empat tahap yaitu Define, Design, Develop and Desseminate. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor penilaian dari ahli desain sebesar 94,5% dengan kategori sangat baik dan hasil rata-rata skor penilaian dari ahli materi sebesar 89,7% dengan kategori sangat baik. Skor penilaian dari ahli tafsir sebesar 98,2% dengan kategori sangat baik, serta respon peserta didik diperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 85,4% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa modul berbasis literasi sains dengan terintegrasinlai-nilai ke-Islaman pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA/MA yang telah dibuat dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar biologi di sekolah tersebut.This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options: Creative Commons Attribution (CC BY)
Authors and readers can copy and redistribute the material in any medium or format, as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, but they must give appropriate credit (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi as publisher of the journal.