Pengembangan Modul Berbasis Literasi Sains Dengan Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Keanekaragaman Hayati Sma Kelas X

  • Sarni Warningsih Universitas Muhammadiyah Metro Lampung
  • Handoko Santoso Universitas Muhammadiyah Metro Lampung
  • Agil Lepiyanto Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Abstrak

Pembaharuan dalam pendidikan tidak sebatas pada pembaharuan kurikulum, dan mutu pendidik. Peningkatan kualitas bahan ajar juga perlu diperhatikan. Bahan ajar menjadi salah satu sumber belajar yang dibutuhkan dalam interaksi belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Tanpa disadari bahwa salah satu fakttor penentu dalam peningkatan kualitas pembelajaran ialah dengan meningkatkan kualitas sumber belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa modul biologi berbasis lterasi sains dengan terintegrasi nilai-nilai ke-Islaman yang layak digunakan sebagai bahan ajar kelas X SMA/MA materi keanekaragaman hayati, sehingga mampu mengatasi permasahan yang ada dan memenuhi kebutuhan dalam mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model 4-D, terdapat empat tahap yaitu Define, Design, Develop and Desseminate. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor penilaian dari ahli desain sebesar 94,5% dengan kategori sangat baik dan hasil rata-rata skor penilaian dari ahli materi sebesar 89,7% dengan kategori sangat baik. Skor penilaian dari ahli tafsir sebesar 98,2% dengan kategori sangat baik, serta respon peserta didik diperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 85,4% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa modul berbasis literasi sains dengan terintegrasinlai-nilai ke-Islaman pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA/MA yang telah dibuat dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar biologi di sekolah tersebut.
Abstrak viewed = 704 times