PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN PERADABAN ISLAM

  • Rahmawati Rahmawati uin

Abstrak

Pemikiran Islam pada masa kontemporer dihasilkan dari formulasi peradaban Islam yang eksklusif. Sebagaimana peradaban lainnya, substansi pemikiran dan peradaban Islam adalah pokok-pokok ajaran Islam yang tidak terbatas pada sistem kepercayaan, tata pikir, dan tata nilai, tapi merupakan super-sistem yang dijiwai oleh semangat Islam, yang dalam perkembangannya membangkitkan studi-studi yang tidak saja rasional empiris, tetapi juga berpijak dari tradisi (at-turas) yang telah dimiliki oleh pemikiran Islam klasik. 

Referensi

Abdullah, Taufik dkk (eds). Ensiklopedi tematis, Dunia lslam: Pemikiran dan Peradaban. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.

Arifin Syamsul dkk, Spritualisasi lslam dan Peradaban Masa Depan. Yogyakarta: Sipress, 1996.

Asmuni, Yusran, Dirasa lslamiyah II Pengantar Studi Sejarah Kebudayaanlslam & Pemikiran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 1996.

Assyaukenie, Luthfi, “Perlunya Oksidentalisme: Wawancara dengan Doktor Hassan Hanafi”, dalam Jurnal Ulumul Qur’an Nomor 5 dan 6 volume V, 1994.

______, “Tipologi dan Wacana Pemikiran Arab Konteporer,” dalam jurnal Paramadina, Vo. I, NO. 1, Juli-Desember, 1998.

Corbin, Henry, History of Islamic Philosophy. London: Kegan Paul International in association with Islamic Publications for the Institute of Ismail Studies, 1993.

Fakhry, Majid, Sejarah Filsafat Islam Sebuah Peta Kronologis. Terj. Zaimul Am. Bandung: Mizan, 2001.

Fasi, al-’Allah, Makasid al-Syariyyah al-Arabiyyah, al-Dar al-Baidah, t. th.

Ghulsani,Mahdi, Filsafat Sains Menurut al-Qur’an. Terj. Agoes Effendi. Bandung: Mizan, 1991.

Hamlyn, D.W., “History of Epistemology” dalam Paul Edwards. The Encyclopaedia of Philopsophy. New York: Mac Millan Publishing Co, Inc., and The Free Press, 1972.

Hanafi, Ahmad, Pengantar dan Sejarah Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Hanafi, Hasan. Al-Din wa al-Tsaurah. Kairo:Maktabah Madbuli. Vol. III, 1981.

Harrer, R., The Philosophies of Science: An Inttroductory Survey. London: Oxford University Press, 1978.

Hitti, Philip K. History of The Arabs. Terj. R. Cecep Lukman Yasin, Dedi Selamet Riyadi. Jakarta: Serambi 2005.

Husain,S.A.Q. Arab Administration. Madras: Soldent & Co., 1949.

Jabiri, al-Muhammad Abid, Bunyat Aqli al-Arabi: Dirosat Ta’liliyat Naqdiyyat Linadhmi al-Ma’rafah al-Arrabiyyat. Beirut: Markas al-Wahdah al-Arabiah, . 1990.

Karim, M.Abid, . Islam di Asia Tengah: Sejarah Dinasti Mongol Islam, Cet: II; Yogyakarta: Bagaskara, 2006.

Karim, Reza, Arab Jatir Itihash. Dhaka: Bangla Academy, 1974.

Khaldun, Ibn, Muqaddimah. Terj. Ahmadie Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001.

Leaman, Oliver, Pengantar Filsafat Islam Sebuah Pendekatan Tematis. Terj. Muza Kazhim dan Arif Mulyadi. Bandung: Mizan, 2001.

Lewis, Bernard, lslam Forom the Muhammad to the capture of constantinople. New york : the macmilan Press, Ltd.1974.

Madkour, lbrahim, Aliran dan teori Filsafat lslam. Terjemahan Yudian W. Yasmin Jakarta, Bumi Aksara, 1995.

Majid, Nurholish dkk, Fiqhi Lintas Agama, Membangun Masyarakat lnklusif-Pluralis, Jakarta: Paramadina& TAF, 2004.

Diterbitkan
2016-12-16
Bagian
Volume 4 Nomor 2, Desember 2016
Abstrak viewed = 10041 times