Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Sejarah dan Budaya Melalui Model Mind Mapping pada Mahasiswa Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Alauddin Makassar
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan, untuk mendeskripsikan penggunaan model mind mapping dalam keterampilan menulis narasi sejarah dan budaya bagi mahasiswa semester VI AK 3-4 Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis narasi sejarah dan budaya seperti uraian berikut ini: Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping yang diperoleh dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah: pada siklus satu, Isi gagasan terdapat perolehan nilai sangat baik 5 persen sedangkan pada siklus dua pencapaian mahasiswa mencapai 55 persen dalam kategri sangat baik, Organisasi isi yang dicapai dicapai mahasiswa pada siklus satu adalah 13 persen dalam kategori sangat baik sedangkan pada siklus dua mencapai 66 persen kategori sangat baik. Sedangan hasil tes kemampuan memilih kata atau diksi dalam aktgori sangat baik siklus satu 10,5 persen, sedangkan pada siklus dua meningkat menjadi 71 persen yang memperoleh katgori baik sekali. Kemudian hasil tes pilihan struktur dan kosakata dalam menulis narasi sjarah dan budaya siklus satu mencapai 18,42 persen dan pada siklus dua naik menjadi 76 persen kategori baik sekali, hasil tes ejaan dan tata bahasa pada siklus satu dalam kategori baik sekali terdapat perolehan 13 persen sedangkan pada siklus dua naik menjadi 71 persen. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa semester VI Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar dalam menulis paragraf narasi sejarah dan budaya.
Kata Kunci: Sejarah Islam, Budaya, Mind Mapping
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.