Pengoptimalan Model Belajar Efektif dan Selaras Berdasarkan Manajemen Waktu di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar

  • Singka Rustam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rezqyana Tasya Syahda Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Model Belajar, Belajar Optimal, Manajemen Waktu

Abstract

Kurangnya motivasi akibat dari berbagai faktor menjadi acuan mahasiswa masih kurang semangat dan suka menunda pekerjaan, tentunya ada esensi yang mendasari masalah ini sehingga membutuhkan suntikan yang berpengaruh pada perubahan.  Perlunya pemahaman mengapa terjadi banyak perpecahan diantara beberapa kelompok ataupun individu didasari oleh cara belajar sejak dini yang perlu diperhatikan dengan baik supaya pola pikir dapat dibentuk secara kritis, realistis dan terstruktur. Oleh karena itu, berbagai masalah yang ada dapat diatur dengan waktu yang stabil dan terekonstruksi untuk menemukan problem solving. Dalam penulisan penelitian ini, penulis membahas masalah pengoptimalan model belajar mahasiswa yang efektif serta selaras dengan manajemen waktu di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masalah yang dihadapi mahasiswa selama proses belajar, sehingga mencari solusi untuk mengoptimalkan model belajar efektif bagi mahasiswa yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, untuk mendapatkan pengetahuan baru dan pemahaman terhadap masalah dan kondisi sosial dengan memperoleh makna serta pengaruh perilaku lingkungan bermasyarakat. Hasil penelitian menggambarkan bahwa model belajar mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar tidak sesuai dengan manajemen waktu yang ditetapkan. Sehingga pihak dosen memerlukan evaluasi kembali sistem belajar yang diterapkan dikelas agar mahasiswa punya minat yang tinggi dan disiplin waktu.

References

Anabillah, Ardha Reza, “Kemampuan manajemen waktu dalam mengatasi prokkrastinasi akademik pada mahasiswa”, Mahasiswa Fakultas Psikologi studi Psikologi Universitas Negeri Malang, 2022.

Anggrawan, Antoni, “Analisis Deskriptif Hasil Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa”, Universitas Bumigora, Vol 18 No. 2 Mei 2019.

Fadli, Muihammad Rijal “Memahami desain metode penelitian kualitatif”, (Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 21 No. 1 2021.

Hermawati, Kusnawati, “Model Pembelajaran Web Enhance Learning untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika” FMIPA UNY 2010.

Hidayanti, Nuralvin, Darmuki, Agus “Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa”, IKIP PGRI Bojonegoro, Vol 7. No. 1 2021.

Hugo Aries Suprapto, “Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa” Jurnal Ilmiah Kependidikan, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Vol XI, No. 1 2017

Ismanianti, “Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik dalam Perkuliahan”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 8 No. 2 2015.

Jesika Dwi Putriani, Hudaidah “Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”, Universitas Sriwijaya, Vol 3 No.3 2021.

Kemendikbud.co.id, Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dariRumah,https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud- terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah diakses pada, Kamis 15 Juni 2023 17:18 WITA

Monika Nina K, Ginting, Azhar Azis, “Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Mamanjemen waktu dengan Motivasi Menyelesaikan Studi”

Mulyani, Mustika Dwi “Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa”, Educational Psychology Journal, Vol. 2 No. 1 2013.

Nawar, Novi Irwan, “Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran”, Sumatera Barat, Vol 1 2016.

NKRI, Undang-undang dasar, 1945

Nurrahmaniah, “Pengaruh manajemen waktu (time management) dan minat belajar terhadap prestasi akademik pada mata kuliah bahasa Inggris sekolah tinggi agama islam darunnajah Jakarta”, Jakarta: Institute Perguruan Tinggi Ilmu AL-Qur’an, 2019.

Putri, Yeni Sugena “Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT PLN Persero area klaten”, Universitass Islam Batik, 2016.

Rohmawati, Afifatu “Efektivitas pembelajaran” Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 9 No. 1 2015.

Rusman, “Pembelajaran Teoritik Tematik”, Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda, 2016.

Rusyadi, Sofyani Hasan, Dra. Partini, “Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa”

Published
2024-06-29
How to Cite
Rustam, S., & Rezqyana Tasya Syahda, Widad Sandrina Ramli, Hamka3. (2024). Pengoptimalan Model Belajar Efektif dan Selaras Berdasarkan Manajemen Waktu di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. RITMA: Journal of Islamic Integrated Research, Science, and Community, 2(1), 111-125. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ritma/article/view/47396
Abstract viewed = 40 times