Analisis Makna Ḍaraba Sebagai Penyelesaian Nusyūz Istri Dalam Konteks Ketahanan Keluarga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna ḍaraba sebagai penyelesaian nusyūz istri dalam konteks ketahanan keluarga yang terdapat dalam QS al-Nisā’/4: 34. Nusyūz merupakan istilah dalam al-Qur’an dan fikih Islam yang merujuk pada kedurhakaan atau pembangkangan istri terhadap suami, ataupun sebaliknya. Tulisan ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakna pendekatan tafsir yang berfokus pada pemaknaan kata ḍaraba sebagai penyelesaian nusyūz yang terdapat dalam QS al-Nisā’/4: 34. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ḍaraba dalam al-Qur’an memiliki pemaknaan yang beragam dan sedikit sekali digunakan dalam makna pemukulan. Kata ḍaraba dalam QS al-Nisā’/4: 34 yang bermakna pemukulan terhadap istri tidaklah diperintahkan secara mutlak, melainkan sebagai opsi terakhir dalam penyelesaian nusyūz istri dengan syarat-syarat tertentu. Hal ini dimaknai sebagai bentuk pendidikan dan upaya memperbaiki perilaku istri. Islam menekankan pentingnya pendekatan yang lembut, adil, dan hormat terhadap istri serta larangan terhadap kekerasan dalam segala bentuknya.
Downloads
References
Abū al-Ḥasan ʻAli bin Aḥmad al-Waḥidi. (1992). Asbāb al-Nuzūl al-Qur’ān. Dār al-Iṣlaḥ.
Abū Ja’far Muḥammad bin Jarīr al-Ṭabari. (1994). Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīlil Ayi al-Qur’ān (jilid 2). Muassasah al-Risālah.
Abubakar, A. (2013). Karakteristik Pemikiran Abd. Muin Salim dalam Bidang Tafsir: Kajian Metodologi. Alauddin University Press.
Al-Bukhārī, A. ʻAbdullah M. bin I. (n.d.). Al-Jāmi al-Musnād al-Saḥīḥ (Cet. III). Dār Al-Hadārah.
Al-Damagani, A.-H. bin M. (1983). Al-Wujūh wa Al-Nadāir fī al-Qur’ān ql-Karīm. Dār al-‘Ilm li al-Malāyīn.
Al-Marāgi, A. M. (1946). Tafsīr al-Marāgi, (jilid 5). Musṭafa al-Bab al-Halabi.
Al-Rāzi, A. ‘Abdillah M. I. H. I. H. al-T. (n.d.). Mafātih al-Gaib Aw Tafsīr al-Kabīr (jilid 5). Daru Ihya al-Tarāṣi al-‘Arabī.
Al-Ṣabūni, M. ʻAli. (1977). Rawāi’ul Bayān fī Tafsīri Āyātil Aḥkām min al-Qur’ān Jilid 2. Maktabah al-Ghazaliyyah.
Al-Syafi’i, I. T. al-D. A. B. bin M. al-H. al-D. (1980). Kifāyat al-Akhyār. Dār al-Fikr.
Al-Zuhaili, W. (2001). Tafsir al-Wasīṭ. Darul Fikri.
Al-Zuḥ̣ailī, W. (2005). Tafsīr al-Munīr (jilid 1). Dārul Fikr.
Alinurdin, M., Abubakar, A., & Parhani, A. (2021). Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tanggaprespektif Al- Qur ’ an. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6, 81–105. https://doi.org/10.30868/at.v6i01.1374
Amatul Jadidah, M. S. (2021). Konsep Ketahanan Keluarga Dalam Islam. MAQASHID Jurnal Hukum Islam, 4(3), 72.
An-Nisabury, I. M. bin H. al-Q. (2005). Shahih Muslim. Dar al-Fikr.
Cahyaningtyas, A., Tenrisana, A. A., Triana, D., Prastiwi, D. A., Nurcahyo, E. H., Jamilah, Aminiah, N., & Tiwa, V. D. (2016). Pembangunan Ketahanan Keluarga. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Dahlan, A. A. (2006). Ensiklopedia Hukum Islam. Ichtiar Baru van Hoeve.
Duvall, M. E. (n.d.). Family Development. Leppincott Company.
Ghafar, M. A. (1993). Konflik Suami Isteri dan Penyelesaiannya. Pustaka al-Kautsar.
Ilma, M. (2019). Kontekstualisasi Konsep Nusyuz di Indonesia. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 47–74. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.661
Istiqlaliyah, N. (2022). Legitimasi KDRT Dalam Tafsir: (Kajian Konsep Daraba Dalam Al-Nisa [4]: 34). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kementerian PP-PA RI. (2022). Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Peningkatan Kualitas Keluarga dalam Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Issue 7).
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019). Al-Qur’an Kemenag In Microsoft Word. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Mājah, A. ʻAbdullah M. bin Y. bin ʻAbdullah bin. (1997). Sunan Ibnu Mājah. Maktabatu al-Ma’ārif Min Naṣr Wa Tauzī.
Manzūr, M. I. (2003). Lisānul al-‘Arab (jilid 2). Dār al-Sadīr.
Muḥammad Fuād ‘Abdu al-Bāqī. (1364). al-Mu’jam al-Mufahras li alfāẓ al-Qur’ān al-Karīm. Dār al-Kutub al-Miṣriyyah.
Muhsin Mahfudz. (2022). Metodologi Penelitian Tafsir: Teori dan Implementasi Teknik Interpretasi. PT RajaGrafindo Persada.
Mukarromah, O., & Ubaidillah, A. (2016). Criminalization on Husband Wife Relationship towards Nushuz in the Perspective of Islamic Law and Criminal Code. Issues in Social Science, 4(2), 64.
Peraturan Pemerintah RI. (1994). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1994 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera (Issue 2).
Quṭūb, S. (2003). Tafsīr fī Ẓilāl al-Qur’ān (Juz 4). Dār al-Syurūq.
Riḍā, R. (1947). Tafsīr al-Manᾱr. Dārul Manᾱr.
Rizaty, M. A. (2023). Data Jumlah Kasus Perceraian di Indonesia hingga 2023. https://dataindonesia.id/varia/detail/data-jumlah-kasus-perceraian-di-indonesia-hingga-2023
Shihab, M. Q. (2007). Ensiklopedi al-Qur’an Kajian Kosa Kata. Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2021). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (jilid 2). Lentera Hati.
Subhan, M. (2019). Rethinking Konsep Nusyuz Relasi Menciptakan Harmonisasi Dalam Keluarga. Al-’`Adalah : Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 4(2), 194–215. https://doi.org/10.31538/adlh.v4i2.542
Syahrur, ; Mohammad. (1992). Al-Kitab wa al-Qur’an: Qiraah Mu’asirah. Al-Ahali li Tibaah wa al-Nasr.
Talbi, M. (1996). Ummat al-Wasaṭ: al-Islām wa Tahaddiyat Mu’asirah. Saras li al-Nasr.
Untung, M. S. (2019). Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik Riset Pendidikan Dan Sosial. Litera.
Walsh, F. (1990). Strengthening Family Resiliency. Guilford.