ANALISIS ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI MEDIASI PADA REMAJA WANITA DI KOTA MAKASSAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian; 2) Menganalisis pengaruh Islamic branding terhadap brand awareness; 3) Menganalisis pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian; dan 4) Menganalisis pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja wanita pengguna kosmetik Wardah di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Data yang digunakan merupakan data primer yang berasal dari jawaban kuesioner dengan menggunakan skala pengukuran semantic differential. Pengolahan data primer menggunakan analisis statistical package for social science (SPSS 23) dengan menggunakan metode koefisien determinasi (R2), uji-t, dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Islamic branding berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; 2) Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness; 3) Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; dan 4) Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ambar, L. (2013). Peranan Segmentasi Dalam Perilaku Konsumen Guna Menciptakan Iklan Yang Efektif”. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(1).
Antika, R. W. (2019). Pengaruh Islamic Celebrity Endorser Dan Islamic Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah”. Febi, Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Badan Pusat Statistik. (2016, January 16 th). www.bps.go.id
Bambang, P. (2018). Semantic Differential Sebagai Alat Ukur Respons Estetik Siswa”. Jurnal Pendidikan.
Choirunisa, Sukma, (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Merek Pada Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Pada Kosmetik Wardah”. Universitas Negeri Semarang.
Dharmmnesta, B. S., Handoko, T. H. (2000), Manajemen Pemasaran – Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta : BPFE
Dirgantara, M. (2019). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Matahari Department Store Mall Panakukang Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening di Kota Makassar”. FEBI, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Dwirahayu, G. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksploratif Terhadap Peningkatan Kemampuan Visualisasi Pemahaman Konsep Geometri dan Karakter Siswa”. Universitas Pendidikan Indonesia.
Elfrida, Z., & dkk. (2015). Proyeksi Penduduk Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan 2010-2020. Badan Pusat Statistik.
Faizah, H., & dkk. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah”. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2).
Fay, D. L. (1967). Dasar-Dasar Manajemen. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Febrian, S. M. (2018). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zara”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.
Fithrati, N. (2017). Pengaruh Islamic Service Quality dan Islamic Branding Terhadap Kepuasan Nasabah”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitriya, E. (2017). Analisis Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk”. Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia, 2(1).
Hafiz, M. (2017). Pengaruh Islamic Branding Dan Perilaku Religious Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Handriani, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Label Halal, dan Brand Image Produk Wardah Terhadap Loyalitas Konsumen Muslimah di Kota Jambi”. Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. (2018, March 20th). www.kemenperin.go.id.
Irawan, A. (2019). Pengaruh Viral Marketing dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening”. Febi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Khaerunnisa, dkk. (2016). Pengaruh Kepercayaan Agama, Logo Halal, Pemaparan, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian Makanan Halal Pada Penduduk Kota Malang”. Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(1).
Madevi, F., & dkk. (2017). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Citra Merek dan Minat Beli”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).
Masy’adah, U. (2020). Pengaruh Islamic Branding, Personal Selling, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Nabeta, D. N., & dkk. (2018). Konstruksi Konsumen Muslim Terhadap Labeling Halal (Studi Fenomenologi Penggunaan Kosmetik Halal di Kalangan Mahasiswa Politeknik Negeri Malang)”. Jurnal Analisa Sosiologi, 1.
Nurlaila, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Oleh Santriwati Komplek R Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta”. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Putu, L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse, Service Quality, Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening”. Febi, Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Ramadhani, F. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah”. Febi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Risky, N. F. (2019). Pengaruh Aspek Islamic Branding, dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sholihah, M., & dkk. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Ice Cream Magnum”. Jurnal Ekonomi, 2(2).
Somantri, G. (2018). Aspek Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Mix Method. Edisi, 2.
Salaka, Ester Pradina, (2019), Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Kota Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2017). Consumer Behavior. Pearson Prentice Hall.
Top Brand Award. (2020, June 28th). www.topbrand-award.com.
Top 10 Populasi Umat Muslim Terbesar di Dunia. (2017, February 15th). www.support.muslimpro.com.
Utami, S., & Endang. (2018). Peran Brand Awareness Sebagai Mediasi Pengaruh Iklan Televisi dan Brand Ambassador Terhadap Repurchase Intention Produk Kecantikan Wardah”.
Wiley. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi, 6 Buku 1.
Yulfan A. Nurohman, Pengaruh Komunikasi Sosial Media terhadap Persepsi Konsumen Pada Produk Kosmetik Halal, Vol. 10, No. 19, (Jurnal Among Makarti: 2017), h. 24.
Zainul, A., & dkk. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Administrasi Bisnis, 41(1).